Dunia Masuk Fase Krisis Ekonomi Global Terburuk Sejak Era 'Big Depression'  90 Tahun Silam
Foto: CNBC.com
Ekonomi dan Bisnis

Dunia Masuk Fase Krisis Ekonomi Global Terburuk Sejak Era 'Big Depression' 90 Tahun Silam

Rabu, 15 Apr 2020 | 11:11 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Dalam perkiraan ekonomi terbaru, Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memangkas pertumbuhan ekonomi dan katakan bahwa dunia mungkin hadapi krisis terburuk sejak zaman malaise atau Depresi Besar di tahun 1930-an.

Seperti diberitakan Detik, Rabu (15/4), IMF merilis Outlook Ekonomi Dunia musim semi pada Selasa (14/4) di tengah menyusutnya sebagian besar aktivitas ekonomi global akibat wabah virus corona.

Pemerintah dari berbagai negara telah menutup sebagian besar ekonomi nasional mereka dalam upaya mengekang perluasan pandemi.

Dalam laporannya, IMF memangkas perkiraan pertumbuhan global sebesar 3,3 persen di 2020, karena lockdown atau penguncian telah menyebabkan kegiatan ekonomi nyaris macet total. 

"Kami mengantisipasi kejatuhan ekonomi terburuk sejak Depresi Besar," ujar Direktur Pelaksana IMF, Kristalina Georgieva.

Sementara Gita Gopinath, Penasihat Ekonomi IMF mengatakan, sangat mungkin bahwa tahun ini ekonomi global akan mengalami resesi terburuk sejak Depresi Besar, melampaui yang terlihat selama krisis keuangan global satu dekade lalu. 

"Great Lockdown, demikian orang menyebutnya, diproyeksikan akan menyusutkan pertumbuhan global secara dramatis," ujar Gopinath.

Lebih lanjut, Gopinath mengatakan, kemungkinan pemulihan parsial dapat diproyeksikan untuk tahun 2021, namun ia menuturkan, masih ada ketidakpastian yang cukup besar tentang seberapa kuat ekonomi akan kembali pulih.

TAGS:
International Monetary FundIMFKristalina Georgievaekonomi globallockdownDepresi Besar

RELATED STORIES

Loading interface...