E Money Dibagikan Gratis di Gerbang Tol Senin Depan

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

E Money Dibagikan Gratis di Gerbang Tol Senin Depan foto: Istimewa

WinNetNews.com - Pemerintah akan memberikan uang elektronik atau e-toll card akan dibagikan gratis untuk pengguna jalan tol untuk mendukung elektronifikasi pembayaran di jalan tol

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Pungky Purnomo Wibowo mengatakan program ini dilakukan agar masyarakat tertarik menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi. Rencananya, akan ada sekitar 1,5 juta keping kartu uang elektronik yang digratiskan.

"Kami merencanakan seperti itu (kartu e-money gratis), demi mendorong elektronifikasi di jalan tol," kata Pungky, Selasa (10/10/2017).

Pungky menjelaskan, untuk masyarakat yang lewat tol bisa mendapatkan 1 kartu uang elektronik dan tidak boleh lebih. 

"Namanya gratis kartu, yang lewat tol tapi 1 mobil 1 kartu ya, tidak boleh lebih," ujarnya.

Saat ini sudah ada 4 bank BUMN dan 1 bank swasta yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran di jalan tol. Flazz dari BCA, E-money dari Bank Mandiri, TapCash dari BNI, Brizzi dari BRI dan Blink dari BTN.

Pemerintah melalui BI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan pembayaran di jalan tol Indonesia akan dilakukan sepenuhnya secara nontunai menggunakan uang elektronik pada 31 Oktober 2017.

Pemberlakuan transaksi tersebut diharapkan akan mempercepat proses pembayaran di jalan tol, sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman.