Ejakulasi Retrograde, Apakah Itu?

Rusmanto
Rusmanto

Ejakulasi Retrograde, Apakah Itu? ilustrasi
Winnetnews.com -  Pada umumnya air mani keluar dari penis saat pria ejakulasi. Pada kasus ejakulasi retrograde, air mani kembali ke kandung kemih. Kondisi ini juga sering disebut sebagai ejakulasi kering.

Proses ejakulasi pada pria

Ejakulasi normal memaksa air mani kadang disebut ejakulasi —melalui uretra pria dan keluar dari penis. Ejakulasi bisa keluar dari penis karena otot kecil, yang disebut sfingter (serabut otot) kandung kemih, menutup lubang ke kandung kemih, mencegah air mani masuk ke kandung kemih, seperti mengutip MedicalNewsToday.

Bila sfingter kandung kemih tidak bekerja dengan benar, kandung kemih mungkin tidak menutup sepenuhnya, yang dapat menyebabkan ejakulasi untuk melakukan perjalanan ke kandung kemih daripada keluar dari penis.

Apa itu ejakulasi retrograde?

Ejakulasi retrograde adalah ejakulasi yang cairannya tidak seperti air mani biasanya. Kondisi ini juga disebut orgasme yang kering.

Pada beberapa pria, ejakulasi retrograde menyebabkan infertilitas. Saat sangat sedikit atau tidak ada ejakulasi mengeluarkan cairan, kemungkinan sperma memupuk sel telur dari rendah ke nol. Namun, ejakulasi retrograde bertanggung jawab hanya 0,3-2 persen kasus ketidaksuburan.

Ejakulasi retrograde tidak berbahaya dan tidak menyakitkan. Pria dengan kondisi yang mengeluarkan sedikit air mani bahkan mungkin tidak memperhatikan kondisinya.

Beberapa pria melaporkan air mani keruh setelah ejakulasi, yang kemungkinan karena air mani telah bercampur dengan air kencing. Pria dengan ejakulasi retrograde mungkin juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasangannya hamil.