Ekonomi Filipina Diprediksi Merosot Tajam, PDB Anjlok hingga 0,2%
Foto: Pixabay
Ekonomi dan Bisnis

Ekonomi Filipina Diprediksi Merosot Tajam, PDB Anjlok hingga 0,2%

Minggu, 26 Apr 2020 | 05:05 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Wabah virus corona kemungkinan akan membawa ekonomi Filipina ke dalam kontraksi tahunan pertama. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Bank Sentral Filipina, Benjamin Diokno, Sabtu (25/4).

Disadur dari CNBCIndonesia.com, sejumlah kota utama di Filipina menerapkan karantina ketat sejak pertengahan Maret 2020.

Padahal, kota-kota ini merupakan pusat perekonomian dengan pertumbuhan tercepat di Asia selama periode sebelum COVID-19 mewabah.

Diokno membeberkan, Produk Domestik Bruto (PDB) Filipina kemungkinan akan jatuh 0,2% pada tahun 2020 sebelum bangkit kembali menjadi sekitar 7,7% karena langkah-langkah dukungan kebijakan mendapatkan daya tarik.

Hal ini akan menandai pembalikan tajam dari target pertumbuhan tahunan awal pemerintah antara 6,5% dan 7,5% untuk tahun 2020 hingga 2022.

Pemulihan ekonomi akan mengikuti jalur berbentuk U pada 2021, menyusul perlambatan pada kuartal pertama dan kontraksi dalam dua kuartal berikutnya tahun ini. 

"Pemulihan yang kuat didasarkan pada asumsi bahwa pandemi terkandung pada paruh kedua tahun 2020," kata Diokno.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pada hari Jumat (24/4), resmi memperpanjang masa penutupan wilayahnya di ibukota Manila dan kota-kota utama hingga 15 Mei 2020 untuk menahan penyebaran virus corona, yang sejauh ini telah menewaskan 477 orang dan menginfeksi 7.192 di negara itu.

Mengingat jatuhnya harga minyak mentah dunia, dan dampak virus corona pada prospek pertumbuhan global dan domestik, inflasi rata-rata akan 2,0% tahun ini, turun dari perkiraan 2,2% sebelumnya.

Inflasi kemudian diperkirakan akan meningkat menjadi rata-rata 2,45% untuk tahun 2021, sedikit naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,4%, karena aktivitas domestik meningkat dan lebih banyak arus kas melalui ekonomi.

TAGS:
FilipinaekonomikontraksikarantinaRodrigo Duterte

RELATED STORIES

Loading interface...