<em>High Heels</em> Bagi Wanita Hamil? Ini Dampaknya
ilustrasi
Kesehatan

<em>High Heels</em> Bagi Wanita Hamil? Ini Dampaknya

Sabtu, 14 Des 2019 | 18:17 | Rusmanto
Winnetnews.com - High heels atau alas kaki berhak tinggi seringkali dijadikan salah satu cara bagi kaum hawa untuk menambah penampilan dan rasa percaya dirinya. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut penggunaan high heels bisa memberikan dampak buruk. Apalagi jika yang memakainya adalah ibu hamil.

Dampak Penggunaan High Heels bagi Ibu Hamil

Meskipun sudah terbiasa memakai high heels sebelumnya, pakar kesehatan menyebut ibu hamil sebaiknya tidak menggunakannya demi menjaga kondisinya dan kandungan di dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa dampak yang bisa dilakukan jika ibu hamil memakai high heels.

1. Risiko Jatuh

Pakar kesehatan kandungan, Alyssa Dweck menyebut ibu hamil sebenarnya tidak apa-apa untuk menggunakan sepatu atau alas kaki high heels lainnya. Hanya saja, hal ini bisa membuat risiko ibu hamil untuk jatuh semakin meningkat. Padahal, terjatuh bisa saja memicu datangnya cedera atau gangguan kehamilan.

2. Memicu Nyeri Punggung

Dampak lain yang bisa didapatkan oleh ibu hamil yang memakai sepatu high heels adalah mengalami peningkatan risiko terkena nyeri punggung. Hal ini disebabkan oleh perubahan postur tubuh yang terjadi pada ibu hamil saat menggunakannya. Padahal, kondisi tubuh ibu hamil sangatlah berbeda dengan wanita pada umumnya.

Penggunaan high heels akan memaksa otot panggul menekuk ke depan hanya demi menopang bobot tubuh. Tekanan yang lebih besar pada bagian panggul, punggung, dan persendian di sekitarnya akan meningkatkan risiko terkena nyeri punggung. Hal ini tentu akan menyebabkan sensasi tidak nyaman.

3. Memicu Kram pada Kaki

Tak hanya mempengaruhi bagian punggung, penggunaan sepatu high heels bisa menyebabkan dampak buruk bagi betis. Hal ini disebabkan oleh bagian betis yang mengalami ketegangan berlebihan dan kontraksi akibat menopang postur tubuh yang sangat tidak ideal saat memakainya.

Tak hanya menyebabkan sensasi tidak nyaman, kram pada betis bisa membatasi pergerakan ibu hamil dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal, mereka juga harus tetap aktif bergerak demi menjaga kondisi kesehatannya.

TAGS:
wanita hamilhigh heels

RELATED STORIES

Loading interface...