Fakta Menarik Perjalanan Jeff Bezos ke Luar Angkasa
Foto: CNN
Lifestyle

Fakta Menarik Perjalanan Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Rabu, 21 Jul 2021 | 15:50 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Jeff Bezos berhasil pergi ke luar angkasa selama 11 menit, dengan kecepatan 3.700 km/jam. Perjalanan ini terjadi selang sembilan hari setelah Richard Branson melakukannya.

Pergi ke luar angkasa sudah menjadi mimpi Jeff Bezos sejak dia kecil dan saat ini, mimpi tersebut sudah terwujud.

"Sejak saya berusia lima tahun, saya telah memimpikan berpergian ke luar angkasa," tulis Jeff Bezos di akun Instagramnya.

Meski sama-sama pergi ke luar angkasa, namun teknologi yang digunakan oleh Jeff Bezos dan Richard Branson berbeda. Melansir 9News, New Shepard Blue Origin milik Bezos adalah roket suborbital kecil yang lepas landas secara vertikal dan memiliki kecepatan tinggi daripada pesawat ruang angkasa Virgin Galactic Richard Branson.

Meski bisa ditumpangi oleh enam orang, Jeff Bezos memilih untuk terbang bersama tiga orang saja. Selama perjalanan ke luar angkasa, ia ditemani oleh kakaknya Mark Bezos, Wally Funk, dan seorang siswa yang baru lulus sekolah bernama Oliver  Daemen.

Jeff Bezos harusnya terbang bersama dengan seseorang yang memenangkan lelang Blue Origin beberapa waktu yang lalu. Tapi perusahaan mengumumkan bahwa orang tersebut mengundurkan diri karena adanya masalah penjadwalan. Kursi kosong tersebut, kemudian dibeli oleh ayah Oliver Deamen, yang merupakan pendiri firma Joes Deamen.

Perjalanan Jeff Bezos ke luar angkasa tak luput dari bahaya. Disebutkan bahwa perjalanan suborbital membutuhkan daya dan kecepatan yang jauh lebih sedikit daripada roket orbital.

Ini berarti lebih sedikit waktu yang dibutuhkan oleh roket untuk terbakar, suhu yang lebih rendah yang membakar bagian luar pesawat ruang angkasa, lebih sedikit kekuatan dan kompresi yang merobek pesawat ruang angkasa, dan umumnya lebih sedikit peluang untuk kesalahan teknis.

Namun, setiap kali manusia mengikat diri ke dalam roket, ada risiko yang terlibat dan Jeff Bezos tampaknya telah menghitung, kalau bahaya tersebut sepadan dengan mimpinya.

TAGS:
Jeff Bezosluar angkasaBlue Origin

RELATED STORIES

Loading interface...