Foodies, 3 Makanan ini Dibuat Dengan Campuran Ganja! Berani Coba?
Masakan-masakan khas Aceh yang Pakai Bumbu Ganja / Foto: Istimewa
Kuliner

Foodies, 3 Makanan ini Dibuat Dengan Campuran Ganja! Berani Coba?

Senin, 10 Apr 2017 | 08:36 | kontributor

WinNetNews.com - Ganja adalah salah satu jenis narkoba berbahaya yang duilarang untuk diklonsumsi di Indonesia, termasuk juga untuk pengobatan. Tapi masyarakat Aceh sudah terbiasa mengkonsumsi ganja sebagai bahan pelengkap makanan dan minuman. Karena itu, gak heran jika banyak diberitakan penemuan tanaman ganja yang ditanam oleh warga Aceh untuk dikonsumsi sehari-hari. Wow! Biar kamu tambah percaya, 3 makanan khas Aceh ini dibuat dengan tambahan daun ganja lho!

1. Kuwah Beulangong

masakan pakai ganja

Kuwah beulangong adalah kuliner yang cukup terkenal di Aceh Besar. Makanan ini berupa daging kambing yang dibumbui kari kental. Nah, menurut mereka masakan ini kurang mantap jika tidak ditambahkan biji ganja sebagai campuran bumbu. Daging kambing akan lebih cepat empuk dengan tambahan ganja sebagai bumbu.

2. Gulai Kameng

masakan aceh pakai ganja

Gulai kameng sebenarnya gulai kambing khas Aceh. Beberapa rumah makan yang menjual gulai kameng ini masih ada yang menggunakan biji ganja. Caranya ada yang dicampur bumbu gulai utama dengan ditumbuk halus bersama bumbu lainnya. Kedua adalah dengan menaburkan ganja yang sudah menjadi bubuk ke dalam kepala kambing yang telah dibelah, kemudian disatukan lagi dan dimasukkan ke dalam kuah gulai yang sedang mendidih.

3. Kopi

kopi aceh pakai ganja

Kelezatan kopi khas Aceh rupanya karena ada campuran biji ganja. Tak ada takaran tertentu tentang berapa banyak biji ganja yang ada dalam bubuk kopi Aceh. Namun, bagi mereka yang pernah mencicipi kopi Aceh, tak ada yang mengaku merasakan efek samping seperti mabuk setelah meminumnya.

Masyarakat yang masih menggunakan ganja sebagai bumbu adalah mereka yang minim informasi tentang narkoba, khususnya bagi mereka yang ada di pedesaan atau pedalaman. Ganja juga menjadi bumbu pada makanan lain seperti mi aceh, dodol aceh, dan sambal aceh. Namun, bumbu ganja sudah tak lagi digunakan terutama pada masyarakat kota. Sungguh ironi ganja yang berbahaya ternyata menjadi bagian tradisi bagi beberapa daerah di Indonesia.

TAGS:
foodiesmakanan Acehbumbu ganjakopi Acehgulai kamengkuwah beulangongmakanan tradisionalganjapenyedap rasa

RELATED STORIES

Loading interface...