Gagal Antisipasi Kerumunan Tanah Abang, Anies Dinilai Tidak Fokus Urus Jakarta
Ilustrasi Pasar Tanah Abang (Foto: ANTARA)
Nasional

Gagal Antisipasi Kerumunan Tanah Abang, Anies Dinilai Tidak Fokus Urus Jakarta

Selasa, 4 Mei 2021 | 10:55 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Anggota DPRD DKI Jakarta dari PDI Perjuangan, Gilbert Simanjuntak menilai membludaknya pengunjung di Pasar Tanah Abang hingga menimbulkan kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan seharusnya dapat dicegah sejak awal.

Namun, menurutnya hal tersebut tidak dilakukan karena Gubernur DKI Jakarta tidak fokus mengurus pemerintahan Ibu Kota.

"Saya melihat kesan memang fokus Gubernur sedang tidak di DKI, tapi fokus ke yang lain. Seharusnya sewaktu klaster perkantoran naik, sudah harus diantisipasi," ujar Gilbert saat dikonfirmasi, Senin (3/4).

Gilbert juga menyoroti tingkat kedisipinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang belakangan terus menurun. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya klaster perkantoran.

Ia mengatakan, Pemprov DKI seharusnya dapat melihat Pasar Tanah Abang yang setiap tahun akan selalu penuh pengunjung menjelang ramadan dan lebarang, sehingga bisa mengantisipasi timbulnya kerumunan.

"Jadi sudah harus diantisipasi sejak klaster perkantoran naik. Berjubelnya juga sejak awal sudah terlihat bahwa parkiran tidak sesuai protokol diisi 50 persen dan pengunjung penuh karena yidak diawasi, seharusnya sudah harus ditutup pintu masuk dan parkiran," ujarnya.

Kerumunan di Tanah Abang itu menurutnya hasil dari minimnya pengawasan  dari Pemprov DKI. Oleh karenanya, agar hal yang sama tidak terulang, ia mendesak untuk dilakukannya  pembatasan dan pemantauan secara ketat di pusat penjualan pakaian terbesar se-Asia Tenggara itu.

"Seharusnya dengan mengamati di dalam pasar pengunjung semakin banyak maka pintu sudah harus ditutup. Lapor ke Polisi kalau tidak mampu," pungkasnya.

TAGS:
Tanah AbangAnies BaswedanPDIP

RELATED STORIES

Loading interface...