Gagal Jadi DPR, Mulan Jameela Minta Diloloskan ke Senayan

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Gagal Jadi DPR, Mulan Jameela Minta Diloloskan ke Senayan Foto: Tempo

Winnetnews.com - Fenomena artis melaju ke DPR sudah menjadi trend yang sudah tidak biasa. Di tahun politik pada April 2019 lalu, banyak artis yang mencalonkan diri ke DPR namun tidak semuanya bisa berhasil lolos, termasuk istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela.

Dikutip dari Tempo, belum lama ini Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tengah menyidangkan gugatan dari sejumlah kader Partai Gerindra terhadap Dewan Pembina dan Dewan Pengurus Pusat Partai Gerindra. Salah satunya Mulan Jameela.  "Ya kami menerima gugatan dari sejumlah kader partai Gerindra, " kata Juru bicara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Achmad Guntur

Menurut Guntur, para penggugat adalah sejumlah caleg Partai Gerindra. Mereka adalah Rahayu Saraswati yang tak lain adalah keponakan Prabowo Subianto, R. Wulansari atau Mulan Jameela, Sepalga, Nuraia, Patjo Prayogo, Adnani Taufiq, Adam Muhamad, Prasetyo Hadi, Siti Jamillah, Sugiono, Katherine, Cluadia Yuniarta, Bernas Yunirta dan Irene.

Dalam gugatannya, penggugat meminta tergugat untuk menyatakan para penggugat sebagai anggota legislatif karena partai berhak menyatakannya. "Intinya meminta penggugat dijadikan anggota legislatif," kata Guntur.

Selain itu, objek yang digugat adalah kebijakan yang bisa mengajukan caleg yang terpilih ke Senayan. Hal tersebut diatur dalam Pasal 15 ayat 2 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik bahwa partai politik mempunyai hak dalam menentukan kebijakan serta hak memilih dan dipilih.

Persidangan sendiri sudah dimulai dari akhir minggu lalu dengan agenda pembacaan gugatan. Persidangan gugatan para caleg Gerindra, termasuk Mulan Jameela itu akan dilanjutkan pada Rabu, 17 Juli 2019 dengan agenda replik. "Besok sidang lanjutannya," kata Guntur.