Gak Seperti Tahun Kemarin, Nilai Akademik UNBK SMK di Yogyakarta Tahun ini Menurun
pengumuman hasil unbk tahun 2017 DIY & Kota Batu / foto: ist
Edukasi Umum

Gak Seperti Tahun Kemarin, Nilai Akademik UNBK SMK di Yogyakarta Tahun ini Menurun

Selasa, 2 Mei 2017 | 09:53 | kontributor

winnetnews.com - Hari, Selasa (2/5/17) ini pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA dan SMK akan siumumkan serentak pada pukul 10.00 WIB. Menariknya hasil UNBK tingkat SMK, SMA/MA tahun ini diumumkan bertepatan dengan hari pendidikan nasional. Informasi terbaru menyebutkan di Wilayah Yogyakarta, untuk tingkat SMK rata-rata nilai UNBKnya mengalami penurunan. Sedangkan untuk tingkat SMA/MA mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Tahun lalu nilai rata-rata UN SMK mencapai 253,75, di tahun ini rata-rata nilai UNBK hanya 245,60 saja. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menyebutkan nilai rata-rata SMK untuk pelajaran Bahasa Indonesia tahun ini, 72,73. Sementara di tahun lalu 73,44. Untuk Bahasa Inggris 46,74. Pada tahun lalu 54,85. Mata pelajaran kompetensi tahun ini rata-ratanya 77,52 dan tahun lalu 77,55. Hanya Matematika yang mengalami kenaikan, tahun ini 48,61, tahun lalu 47,91.

Menurut Aji, sebagaimana dilaporkan oleh laman Detik, pada tahun-tahun sebelumnya nilai produktif siswa SMK beriringan dengan nilai akademik. Hasil UN pun tidak jauh berbeda dari uji kompetensi siswa. Jika ini ada hubungannya dengan revitalisasi SMK, maka bisa jadi karena memang program revitalisasi SMK yang ditekankan pemerintah pusat adalah lebih banyak pada pengembangan life skill atau produktivitas siswa SMK.

Sementara itu, beralih ke Hasil UNBK siswa/i di kota batu. Tahun ini, siwa/i SMA/SMK di Kota Batu bisa berbangga diri, pasalnya nilai UNBK mereka masuk dalam peringkat 5 besar di wilayah Jawa Timur. Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS mereka mendapatkan peringkat kedua, sementara itu, untuk mata pelajaran IPA kota Batu mendapatkan peringkat ke 5.

TAGS:
UNBKDIYYogyakartaAkademiksmkhasil aqkhirnilai menurunUNBK 2017

RELATED STORIES

Loading interface...