Gamer Tahu Konsol Video Game tidak Murah, Konsol Neo Geo diluncurkan tahun 1990 menjadi Konsol Jadul Termahal

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Gamer Tahu Konsol Video Game tidak Murah, Konsol Neo Geo diluncurkan tahun 1990 menjadi Konsol Jadul Termahal

WinNetNews.com - Setiap gamer pasti tahu bahwa konsol video game itu tidak murah. Namun nyatanya, beberapa konsol terbaru lebih terjangkau ketimbang konsol jadul.

Huffington Post mengkompilasikan konsol game baru dan lama dari data yang menampilkan harga konsol video game, yang mana telah disesuaikan dengan inflasi.

Konsol game jadul termahal adalah Neo Geo, yang diluncurkan pada tahun 1990 dengan harga US$ 1.179 atau sekitar Rp 15,5 juta.

Menariknya, meskipun diluncurkan pada 1990, setidaknya Neo Geo masih mendukung sejumlah judul game hingga akhir tahun 2004. Game terakhirnya adalah Samurai Shodown V Special.

Di urutan kedua ditempati 3DO buatan tahun 1993 dengan banderol US$ 1.149 atau Rp 15,1 jutaan. Kemudian di posisi ketiga bertengger konsol Intellevison keluaran 1979 seharga US$ 980 atau Rp 12,9 jutaan.

Grafik di atas juga mengungkapkan bahwa sistem Nintendo memiliki nilai yang cukup baik, namun Nintendo berada di bawah daftar. Misalnya Nintendo NES keluaran 1986 yang harganya US$ 441 atau sekitar Rp 5,8 juta.

Mungkin karena perusahaan terlalu fokus pada game seperti "Mario Kart" dan "Super Smash Brothers."

Dengan kata lain, Nintendo meraup keuntungan dari game dan perangkat pendukung buatan sendiri. Akan tetapi, banyak gamer yang mengeluh soal sistem Nintendo yang tampak sedikit usang pada saat dirilis.

Misalnya dalam hal spesifikasi, Nintendo Wii U tertinggal di belakang PlayStation 3 dan Xbox 360. Wii U secara teknis kurang mengesankan bila dibandingkan dengan PlayStation 4 dan Xbox One.