Gandrung Online Shopping, Tokopedia Fokus Kembangkan Bisnis Lokal
CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. [Foto: Tempo]
Ekonomi

Gandrung Online Shopping, Tokopedia Fokus Kembangkan Bisnis Lokal

Jumat, 11 Okt 2019 | 09:45 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Belanja di toko online kini tengah digandrungi generasi millenial. Tidak dipungkiri jika online shopping menjadi ‘malaikat’ bagi mereka yang lebih memilih belanja dengan cara praktis ketimbang harus mengeluarkan ongkos transportasi maupun parkir di pusat perbelanjaan.

Sederet belanja daring karya anak millenial Indonesia menjadi salah satu pilihannya. Oleh karenanya, berbangga hatilah kita dengan e-commerce lokal yang pastinya mampu mendongkrak perekonomian bangsa Indonesia.

Salah satu toko belanja daring lokal, Tokopedia menjadi magnet millenial dalam bertransaksi via online demi mendapatkan barang-barang yang mungkin sulit ditemukan di pusat perbelanjaan konvensional.

Menyikapi demam belanja daring di kalangan masyarakat kelas menengah ini, CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengaku justru lebih fokus mengembangkan pasar dalam negeri ketimbang merambah ke pasar internasional.

 “Tokopedia punya 90 juta pengguna. Kami melihat bahwa potensi terbesarnya ada di masyarakat pedesaan. Jadi strategi berikutnya kami akan go local, bukannya go global,” ujar William seperti dikutip Kontan, Kamis (10/10).

William mengatakan, mayoritas masyarakat Indonesia masih tinggal di pedesaan. Atas dasar itu, dia merasa pangsa pasar di pedesaan masih sangat menggiurkan untuk digarap.

“Kami merasa Boyolali lebih berpotensi daripada Bangkok dan Surakarta lebih penting dari pada Singapura. Ada 100 juta masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan,” terang William.

Untuk menggarap potensi pasar di pedesaan, William mengakui masih terdapat tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya masalah infrastruktur. Namun, dengan bantuan pemerintah pusat dan daerah, William optimis bisa mendobrak tantangan tersebut.

“Kalau Tokopedia bisa bantu pengusaha desa jadi pengusaha nasional ini akan jadi ruang pertumbuhan berikutnya. Kami menargetkan hinga 10 tahun ke depan Tokopedia bisa berkontribusi hingga 5% dari perekonomian di Indonesia,” tandas dia.

TAGS:
TokopediaOnline Shoppingbelanja daringCEO TokopediaWilliam Tanuwijaya

RELATED STORIES

Loading interface...