Ganjar, RK, dan Sandi 'Ngebet' Punya Mobil Esemka

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Ganjar, RK, dan Sandi 'Ngebet' Punya Mobil Esemka Mobil Esemka pikap Bima. (Foto: Tribunnews)

Winnetnews.com - Kehadiran mobil buatan Indonesia, Esemka, keluaran PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK), rupanya membuat sejumlah kalangan pejabat berceak kagum. Para petinggi daerah kepincut membeli dan mempromosikan mobil Esemka itu.

Sebagai gambaran, mobil Esemka ‘lahir’ di daerah terpencil, tepatnya di sebuah pabrik kawasan Desa Demangan, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Oleh karenanya, tidak salah jika mobil buatan asli Indonesia itu menjadi kebanggaan semua kalangan, termasuk pejabat tinggi.

Melansir Detik.com, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sempat berminat akan memakai mobil Esemka. Diketahui, mobil Esemka yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu adalah mobil jenis pikap Bima.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Tagar)

Namun, mobil pikap Bima tersebut bukanlah pilihan utama Ganjar. Disadur dari media sosial pribadinya, Ganjar menginginkan mobil SUV keluaran Esemka yang akan menjadi kendaraan dinas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Tak hanya itu, ia mengaku siap memakainya untuk mobil dinas sebagai wujud dukungan terhadap karya anak bangsa.

"Saya pengin cepat beli, dan merasakan mobil hasil karya anak bangsa. Mungkin bisa jadi mobil dinas gubernur dan bupati-wali kota di Jateng," sambungnya.

Meski demikian, mobil pikap Esemka Bima tetap akan dimanfaatkan Pemprov Jateng sebagai kendaraan petani, nelayan, juga pelaku usaha kecil.

Esemka baru memiliki satu model untuk ditawarkan ke masyarakat Indonesia, yakni pikap Bima. Namun pada saat peresmian pabrik, ada tiga SUV yang turut dipajang. Namun, belum diketahui apakah ketiga SUV tersebut bakal dirilis dalam waktu dekat atau tidak.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Liputan6)

Selain Ganjar, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menyatakan bakal membantu mempopulerkan Esemka. Sayangnya, tak seperti Ganjar, Ridwan masih belum tahu lebih dalam soal Esemka, sehingga ia belum bisa memberikan komentarnya lebih banyak.

"Jadi menunggu teknisnya seperti apa, belum jelas speknya, berapa harganya. Kalau benar, kita akan bantu mempopulerkan mobil kebanggaan Indonesia," ungkap pria dengan sapaan akrab Kang Emil itu.

Sebelumnya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, pada saat dirinya sedang bertarung menjadi cawapres mengaku sudah siap membeli Esemka jika mobil itu lahir. Pernyataan tersebut muncul menanggapi isu peluncuran Esemka pada akhir 2018.

Sandiaga Uno. (Foto: Tribunnews)

"Keinginan punya mobil nasional dan setiap negara punya kebanggaan, punya mobil nasional. Kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang jadi pembeli pertama," ujar Sandiaga pada November 2018.

Sayangnya, tak diketahui apakah Sandiaga sudah memesan mobil pertama Esemka atau belum.