Gedung 5 Lantai Runtuh di Korsel, Timpa Bus Berpenumpang
Foto: Allkpop
Internasional

Gedung 5 Lantai Runtuh di Korsel, Timpa Bus Berpenumpang

Kamis, 10 Jun 2021 | 14:25 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  Sebuah gedung 5 lantai di Korea Selatan yang sedang dalam proses pembongkaran runtuh pada hari pertama dekonstruksi. Kecelakaan itu terjadi pada 9 Juni 2021 sekitar pukul 16:22 KST di lokasi pembongkaran dan konstruksi di Gwangju, Korea Selatan.

Dilansir dari Allkpop, ketika pekerja pembongkaran sedang mengerjakan satu sisi bangunan yakni sisi yang menghadap ke lokasi konstruksi besar yang dijadwalkan untuk renovasi, sisi bangunan yang masih agak utuh tiba-tiba runtuh ke jalan raya.

Akibat ambruknya gedung secara tiba-tiba, sebuah bus umum yang berhenti di halte tepat di samping gedung hancur total karena tertimpa reruntuhan gedung.

image0

Tim pencarian dan penyelamatan menemukan 9 orang tewas dan 8 orang terluka. Analisis CCTV dari kecelakaan tersebut sejauh ini melaporkan beberapa kendaraan lain yang terlihat berada di dekat lokasi gedung yang runtuh bisa selamat. Semua korban yang ditemukan sejauh ini adalah penumpang dari bus yang tertimpa reruntuhan gedung.

Sementara itu, para ahli telah melayangkan kritik tajam dan kemarahan terhadap perusahaan pembongkaran karena metode yang sangat "tidak aman" yang digunakan untuk menghancurkan gedung 5 lantai.

Laporan menyatakan perusahaan pembongkaran menggunakan ekskavator untuk menghancurkan satu sisi bangunan, yang menyebabkan sisi lain (sisi yang menghadap ke jalan raya) melemah dan runtuh. Para ahli juga mengkritik perusahaan pembongkaran karena gagal memblokir area sekitar selama operasi. 

TAGS:
Korea SelatanGedung Runtuh

RELATED STORIES

Loading interface...