Gejalan Kanker Usus Ini Sering Kali Muncul Tanpa Disadari

Rusmanto
Rusmanto

Gejalan Kanker Usus Ini Sering Kali Muncul Tanpa Disadari ilustrasi

Winnetnews.com -  Kanker usus sama-sama menyerang pria dan wanita dengan persentase yang sama. Meski begitu, Faktanya, kanker usus lebih sering menyerang laki-laki dibandingkan wanita. Meski begitu, wanita tetap berisiko mengalami kanker usus. Lantas, gejala apa saja yang muncul pada wanita yang terkena kanker usus? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal kanker usus pada wanita

Kanker usus disebut juga kanker kolorektal. Penyakit ini umumnya menyerang orang dewasa hingga lansia. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pula pada anak-anak. 

Pertumbuhan kanker ini diawali dengan gumpalan-gumpalan jaringan sel kanker jinak yang tumbuh di usus besar. Gumpalan ini disebut juga dengan polip.

Seiring berjalan waktu, polip kemudian dapat berubah menjadi sel kanker yang menyerang usus. 

Menurut sebuah jurnal pada tahun 2015, wanita yang berusia 65 tahun lebih rentan terhadap kanker usus dibandingkan pria yang berada di usia sama. Angka kematian akibat kanker usus juga diketahui lebih tinggi terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki. 

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa wanita lebih berisiko terkena kanker usus sebelah kanan (proksimal) daripada pria.

Ternyata, diketahui bahwa pada bagian tersebut sel kanker tumbuh lebih agresif dibandingkan kanker usus sebelah kiri (distal).

Wanita dan pria sama-sama berisiko terkena kanker usus. Sayangnya, sering kali wanita mengira gejala yang ditimbulkan dari kanker usus merupakan gejala penyakit lain sehingga tidak terdeteksi lebih awal.