Gempa 6,4 SR Guncang Jepang, Tidak Berpotensi Tsunami
ilustrasi
Internasional

Gempa 6,4 SR Guncang Jepang, Tidak Berpotensi Tsunami

Jumat, 23 Sep 2016 | 10:34 | Rusmanto

WinNetNews.com - Gempa kembali terasa di Jepang. Kali ini gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) melanda Tokyo bagian tenggara.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (23/9/2016), tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii.

Namun, Badan Cuaca Jepang mengatakan mungkin ada sedikit perubahan di permukaan laut. Hingga saat ini, tak ada laporan kerusakan, korban jiwa maupun korban luka.

United States Geological Survey (USGS) mengatakan pusat gempa tersebut berada di tenggara Jepang pada kedalaman 10 kilometer.

Para warga di pusat kota Jepang mengaku merasakan getaran gempa tersebut. Mereka mengaku khawatir akan ada gempa susulan yang datang dan lebih kuat.

Gempa bumi sendiri adalah hal yang biasa terjadi di Jepang, salah satu daerah yang paling aktif seismiknya di dunia. Jepang termasuk negara di dunia yang sering dilanda gempa bumi.

Sebelumnya, pada April 2016 lalu, Jepang dilanda dua gempa yang berkekuatan besar. Dua gempa berbeda waktu itu menimbulkan korban jiwa.

Gempa pertama berkekuatan 6,2 SR melanda pada Jumat 15 April, menewaskan sembilan orang. Sementara gempa kedua dengan kekuatan 7,3 SR pada Sabtu 16 April, menyebabkan 15 warga kehilangan nyawanya dan 80 orang lainnya menderita luka serius.

TAGS:
Gempa Guncang JepangUnited States Geological Survey

RELATED STORIES

Loading interface...