Georgiva, Bos Baru IMF Gantikan Lagarde
Georgiva (kiri) dan Lagarde dalam satu momen. [Foto: Bloomberg]
Internasional

Georgiva, Bos Baru IMF Gantikan Lagarde

Kamis, 26 Sep 2019 | 14:15 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Kristalina Georgieva menggantikan Christine Lagarde sebagai Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF). Diketahui, Lagarde saat ini menjabat sebagai Gubernur Europe Central Bank (ECB).

Georgiva merupakan seorang pimpinan eksektufi di Bank Dunia dan menjadi orang pertama dari negara berkembang, yakni Bulgaria. Georgiva menang aklamasi karena menjadi nominasi satu-satunya dalam proses pemilihan Direktur Pelaksana IMF.

Melansir Kompas.com, Georgiva bakal menempati jabatan Direktur Pelaksana IMF dalam lima tahun ke depan. Terhitung mulai 1 Oktober 2019. Dia mengaku jika kerjasama internasional dapat membantu stabilitas sistem ekonomi dan keuangan global.

Dia pun menambahkan, berada di puncak kepemimpinan IMF merupakan sebuah tanggung jawab yang besar, terutama di tengah perekonomian global yang terus melemah, tensi perdagangan meningkat, dan tingkat utang berada di level yang sagat tinggi secara historis.

Georgieva mengatakan, tujuan jangka panjang IMF adalah untuk mendukung kondisi keuangan, fiskal, dan sejumlah kebijakan struktural untuk membangun perekonomian yang lebi kuat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Artinya juga harus berhadapan dengan isu ketidaksetaraan, risiko iklim dan perubahan teknologi yang pesat. Tujuan saya adalah untuk memperkuat IMF dengan membuatnya memiliki pandangan yang lebih jauh terhadap kebutuhan anggotanya," ucapnya.

Georgieva merupakan anak dari seorang insinyur teknik sipil ini berlatar pendidikan ekonomi politik dan sosiologi di Karl Marx Higher Institue of Economics di Sofia ketika Bulgaria masih berada di bawah kepemimpinan rezim komunis.

Setelah lulus pada 1976, untuk pertama kalinya Georgieva merasakan kehidupan di negara kapitalis seiring dengan studinya di London School of Economics.

Sejak saat itu, dirinya membangun jenjang karir yang kuat di Bank Dunia dan Komisi Eropa, serta menjabat berbagai peran senior di kedua institusi tersebut.

Georgieva sempat menjadi seorang komisioner yang bertanggung jawab atas budgeting di Uni Eropa sebelum akhirnya masuk ke institusi Bank Dunia di Januari 2017. Sebagai informasi sejak didirikan pada 1945, pimpinan IMF selalu berasal dari Eropa.

Selain itu, terdapat batasan usia untuk pimpinan lembaga keuangan dunia itu, yakni 65 tahun. Namun atas desakan Perancis, IMF akhirnya melonggarkan aturan tersebut. Sehingga Georgieva yang telah berumur 66 tahun pun bisa melamar jadi pimpinan lembaga itu.

TAGS:
GeorgivaLagardeInternational Monetary FundIMFbulgaria

RELATED STORIES

Loading interface...