Gmail dan Google Drive Mengalami Gangguan Global

Sofia
Sofia

Gmail dan Google Drive Mengalami Gangguan Global Foto: Cult of Mac

Winnetnews.com - Google sedang dilanda masalah tidak hanya di Indoneseia tapi juga sejumlah negara di dunia, para pengguna ramai melaporkan masalah matinya layanan Gmail, Google Drive, Hangouts, dan Google Maps selama beberapa jam.

Berbagai situs web melakukan pelacakan masalah down-nya Gmail ini. Hasilnya menunjukkan lonjakan pengguna yang melaporkan masalah dengan layanan email ini dimulai sejak pukul 10:08 WIB, seperti dilansir CNN Indonesia.

Dalam pernyataan di laman layanan resmi mereka, Google mengatakan: "Kami sedang menyelidiki laporan masalah layanan Gmail. Kami akan segera memberikan informasi lebih lanjut. Pengguna yang terdampak dapat mengakses Gmail, namun mereka melihat pesan ‘error’, latensi tinggi, dan / atau aktifitas tak terduga lainnya. "

Dilansir laman The Guardian (13/3), Google dilaporkan telah mengatasi isu ini pada pukul 13:30 WIB.

Gmail memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Mereka yang terkena dampak layanan down ini tidak dapat mengirim email, menerima pesan kesalahan yang mengatakan “Pesan tidak dapat dikirim. Periksa jaringan Anda dan coba lagi ”. Yang lain mengalami masalah dalam membuka lampiran.

Selama down Google mengatakan bahwa "pelanggan akan memiliki masalah akses atau melampirkan file di berbagai layanan", termasuk "melampirkan atau mengakses lampiran" ke email, "serta mengakses dan menyimpan draft email dan mengirim email." Google juga mengkonfirmasi ada masalah dengan mengunggah dan mengunduh file dari Google Drive dan mengunggah foto atau lampiran ke Hangouts.

Masalah tersebut berdampak ke pengguna di seluruh dunia, seperti Amerika, Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Selatan. Di Indonesia Gmail menjadi trending topik di linimasa twitter.

Laman Outage Report menunjukkan ada lebih dari 1.100 laporan dalam kurun waktu 20 menit terakhir.

Banyak warganet mengungkapkan rasa frustrasi mereka di media sosial.

Sejauh ini Google belum memberikan keterangan resminya mengenai  penyebab layanan email mereka mengalami masalah dan tumbang di berbagai daerah. Area terdampak down-nya layanan Gmail yakni Jepang, Malaysia, Australia, Singapura, untuk Indonesia yakni Jakarta, Thailand, Filipina, India, China, Kanada dan Amerika Serikat.

 

 

Penulis : Baiq Fevy Shofya Wahyulana
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana