Google, Senjata Andalan Nokia Untuk Bangkit

Rusmanto
Rusmanto

Google, Senjata Andalan Nokia Untuk Bangkit istimewa

WinNetNews.com - HMD -- perusahaan pemegang lisensi Nokia -- mengungkap senjata andalan mereka untuk kembali membangkitkan nama besar Nokia, yaitu Google.

Dalam sebuah wawancara, VP HMD Global Middle East and North Africa Per Ekman menyebut Google sebagai kunci untuk membuat Nokia kembali hebat. Setelah sebelumnya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 menyebut kalau tiga ponsel andalannya akan menjalankan OS Android polosan.

Inilah yang dimaksud Ekman sebagai kunci kebangkitan Nokia, yaitu memakai sistem operasi yang dibuat oleh Google tanpa modifikasi lebih lanjut. Menurut HMD, inilah yang banyak dicari oleh sebagian konsumen Android, yaitu ponsel dengan sistem operasi Android polos.

"Kebanyakan smartphone Android yang ada di pasaran tak menggunakan OS Android yang seharusnya. Vendor menambahkan 'kulit' di atas OS yang ada," ujar Ekman

Selain itu, menurut Ekman, konsumen juga layak mendapat sistem operasi yang terbaru. Dan HMD mengklaim akan terus menyediakan OS Android yang terbaru, tak lama setelah Google merilis OS tersebut.

"Kami dan Google akan bersama-sama meningkatkan merek Nokia untuk menaruh hal yang tepat ke dalam ponsel, termasuk Google Assistant," tutup Ekman, demikian dikutip dari BGR, Senin (9/4/2017).

HMD boleh saja berencana seperti ini, namun Google sendiri tampaknya akan meninggalkan OS Android polos. Tahun 2016 lalu, Google mengkonfirmasi kalau mereka ingin membuat smartphone Android yang sudah dikostumisasi .