Grab Bakal Satukan Platform OVO-DANA Lawan Dominasi Gojek

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Grab Bakal Satukan Platform OVO-DANA Lawan Dominasi Gojek Ilustrasi. (Foto: kabarbisnis.com)

Winnetnews.com - Menantang dominasi pasar Gojek dengan sistem pembayaran Gopay, Grab berencana mengakuisisi DANA dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Jika disepakati akuisisi tersebut, nantinya DANA akan digabungkan dengan platform pembayaran OVO.

Mengutip Katadata, sumber Reuters menyebutkan saham Grab di OVO dan bergabungnya OVO-DANA akan mengintensifkan kompetisi pembayaran digital di Indonesia.

“Ini merupakan bagian dari pertarungan Grab dan Gojek,” kata sumber Reuters tersebut, Rabu (11/9/2019).

Sumber tersebut menambahakn, SoftBank selaku pemilik saham terbesar Grab mendukung rencana tersebut.

Bahkan hal ini telah disampaikan kepada seorang pejabat Indonesia ketika CEO SoftBank, Masayoshi Son, berkunjung ke Indonesia pada Juli 2019. Son saat itu juga menyampaikan niatnya menyuntik US$ 2 miliar ke Grab.

“Son mendukung (rencana merger),” beber sumber tersebut.

Meski demikian, tidak diketahui apakah suntikan dana ini untuk mengambil DANA atau tidak. Baik Grab dan OVO enggan berkomentar rencana merger tersebut. Sedangkan pihak DANA tidak mengomentari rumor pasar.

Emtek, ANT Financial, dan SoftBank juga tidak merespons isu ini. Namun sumber tersebut juga mengatakan kesepakatan juga harus dinegosiasikan dengan Bank Indonesia terkait kepemilikan asing.

Apalagi Emtek diperkirakan menguasai saham DANA dengan besaran di atas 50%. Belum diketahui berapa nilai merger apabila terealisasi. Namun seperti dilansir Finance Asia, valuasi OVO saat ini diperkirakan menapai US$ 2,9 miliar. Sedangkan nilai valuasi DANA belum diketahui.