Gubernur diminta Untuk Perbaiki Ekosistem Laut Selat Karimata
Traveling

Gubernur diminta Untuk Perbaiki Ekosistem Laut Selat Karimata

Rabu, 1 Jun 2016 | 17:35 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Selat Karimata akan menjadi tuan rumah Sail Selat Karimata 2016, perairan yang terletak di antara Pulau Sumatera dan Kalimantan itu juga terkenal dengan keindahan baharinya. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta, agar kepala daerah di sekitar Selat Karimata, memperbaiki ekosistem laut di perairan itu.

"Kepada gubernur sekitar, saya mengimbau untuk mengendalikan, agar tidak terjadi kerusakan, serta mengembalikan ekosistem laut yang telah rusak," ujar Susi, saat peresmian acara Sail Selat Karimata di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Rabu 1 Juni 2016.

Menurut dia, laut adalah salah satu sumber perekonomian bagi masyarakat sekitar. Selain kekayaan bahari, potensi pariwisata laut juga tergolong cukup besar.

Untuk itu, dia berharap agar Sail Selat Karimata, yang diselenggarakan pada Agustus hingga Oktober 2016 mendatang dapat semakin meningkatkan promosi wisata dalam negeri ke dunia internasional.

"Semoga masyarakat dunia akan semakin mengenal kekayaan bahari di Selat Karimata, yang terkenal keindahannya," tambahnya.

Sail Selat Karimata 2016, yang merupakan ajang wisata bahari dan kebudayaan ini melibatkan empat provinsi, yang akan menjadi tuan rumah. Keempatnya ,yaitu Jambi, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Bangka Belitung.

Ajang ini merupakan yang kedelapan sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009, yaitu Sail Bunaken. Berturut-turut setiap tahunnya, yaitu Sail Banda, Sail Wakatobi-Belitong, Sail Morotai, Sail Komodo, Sail Raja Ampat, dan Sail Tomini pada tahun 2015. 

TAGS:
bangka belitunggubernurmenteri Susi Pudjiastutipulau Sumateraselat karimata

RELATED STORIES

Loading interface...