Hal Inilah yang Membuat Perut Begah dan Kembung
ilustrasi
Kesehatan

Hal Inilah yang Membuat Perut Begah dan Kembung

Minggu, 10 Nov 2019 | 14:59 | Rusmanto
Winnetnews.com - Perut begah sering dikaitkan dengan makan terlalu banyak sampai kekenyangan. Namun, tidak hanya itu saja alasannya. Ada beberapa hal lain yang bisa jadi penyebab perut begah, terasa penuh, dan padat. Apa saja?

Berbagai penyebab perut begah

Penyebab perut begah ada macam-macam hal. Sebagiannya mungkin tampak sepele dan membuat Anda tidak nyaman beraktivitas seharian. Namun, penyebabnya yang lain mungkin perlu diperiksakan ke dokter.

Di antara banyak hal di bawah ini, mana yang jadi penyebab perut Anda begah?

1. Menelan gas dan udara terlalu banyak

Selain karena makan kekenyangan, perut juga bisa terasa begah karena cara Anda makan. Makan terlalu cepat, makan terburu-buru, dan makan sambil ngobrol bisa membuat Anda sekaligus menelan banyak udara.

Menurut Stephanie Middleberg, RD, ahli Gizi dari Middleberg Nutrition, makan buru-buru akan membuat makanan tidak terkunyah dengan baik. Akibatnya, organ pencernaan tidak akan berfungsi optimal untuk memproses makanan. Alhasil, perut Anda pun terasa lebih penuh, kembung, dan padat setelah makan meski belum begitu kenyang.

Selain itu, hobi makan permen karet juga secara tidak langsung membuat Anda menelan udara terlalu banyak. Mengunyah permen karet membuat otak berpikir bahwa makanan akan masuk, sehingga akhirnya perut mulai menghasilkan asam yang diperlukan untuk memecah makanan. Ketika tidak ada makanan untuk diproses, cairan asam di lambung akan membuat perut terasa penuh dan kembung. 

2. Terlalu banyak minum soda

Sama halnya dengan hobi minum minuman bersoda (berkarbonasi). Gas dari minuman dapat terperangkap di dalam pencernaan dan menyebabkan perut terasa begah. Tidak jarang juga tumpukan gas di perut ini akan membuat Anda sering sendawa setelah minum soda.

Terlebih jika Anda minum soda pakai sedotan. Sebab saat minum pakai sedotan, secara tidak langsung Anda menyedot udara berlebih ke dalam perut. Alhasil perut jadi kembung dan terasa penuh. 

3. Terlalu banyak makan makanan berlemak

Makan makanan berlemak terlalu banyak dapat menjadi penyebab perut terasa begah. Pasalnya, lemak adalah zat yang sulit dan lambat dicerna oleh tubuh. Makanan berlemak juga termasuk tinggi kalori, yang membuat perut cepat penuh dan Anda merasa kekenyangan seperti begah. 

4. Sedang menstruasi

Perubahan hormon menjelang dan selama menstruasi dapat menjadi penyebab perut terasa kembung atau begah. Saat mau haid, umumnya kadar hormon progesteron dalam tubuh akan berkurang untuk merangsang rahim meluruhkan dindingnya sehingga terjadi perdarahan.

Namun di sisi lain, penurunan kadar progesteron bisa membuat tubuh menahan lebih banyak air dan garam. Alhasil ini bisa menjadi penyebab perut jadi kembung dan terasa begah. 

TAGS:
perut begahperut kembung

RELATED STORIES

Loading interface...