Hari Ini Feeder TJ Beroperasi Gantikan Kopaja AC, Gratis
Nasional

Hari Ini Feeder TJ Beroperasi Gantikan Kopaja AC, Gratis

Senin, 28 Des 2015 | 09:52 | kontri
WinNetNews.com - Hari ini bus sedang untuk pengumpan ( feeder ) mulai beroperasi. Bus berwarna biru dengan logo TransJakarta itu telah mengaspal di Koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas atau Monas). Di Halte Buncit Indah pada Senin (28/12/2015) pukul 05.53 WIB. Bus pengganti Kopaja AC itu terlihat masih agak sepi.

Bus feeder ini memiliki interior yang tidak berbeda jauh dengan bus TransJakarta, yakni tempat duduk penumpang saling berhadapan antara sisi kanan dan kiri. Selain itu armada juga dilengkapi oleh pintu tengah untuk mengangkut penumpang dari halte TransJakarta.

Namun yang sedikit berbeda, tidak terlihat ada seorang kernet pun di dalam seperti dalam Kopaja AC. Artinya, tidak ada lagi biaya tambahan yang dikenakan ke para penumpang.

Kini, naik bus feeder cukup sekali membayar Rp 3.500 di halte busway dan halte khusus pengumpan yang akan dibangun di beberapa titik. Hal ini kian membuat salah seorang penumpang bernama Fitri senang naik bus feeder .

"Katanya sekarang enggak bayar lagi di dalam bus. Bagus deh, jadi enggak keluar biaya dua kali kayak dulu pas naik Kopaja AC (yang harus bayar Rp 6.000 lagi)," ujar Fitri yang merupakan karyawan swasta saat berbincang di Halte Buncit Indah.

Begitu ada satu bus feeder tujuan Dukuh Atas berhenti, dia pun langsung naik dan menempati tempat duduk yang masih agak kosong. Kondisi ini tentu berbeda dengan Kopaja AC yang kerap dijejali penumpang meski di dalamnya sudah penuh sesak.

Tak hanya itu, bus feeder juga tidak terlihat menarik ataupun menurunkan penumpang sembarangan di tengah jalan. Ini menandakan sopir bus tidak lagi dikejar oleh setoran, sebab kini dengan sistem rupiah per kilometer (Rp/Km) mereka digaji dengan besaran angka 2 kali di atas UMP.

Seperti diketahui, pada Selasa (21/12) lalu Dirut PT Transportasi Jakarta ANS, Kosasih, meresmikan 320 bus feeder dan 31 bus gandeng ( articulated ) untuk koridor busway. Bus-bus tersebut dilengkapi oleh GPS untuk memantau perjalanannya.

Bus feeder dan articulated ini disiapkan untuk beroperasi pada 6 rute, antara lain:

1. Rute Monas-Pantai Indah Kapuk sebanyak 30 unit bus

2. Rute Ragunan-Monas sebanyak 50 unit

3. Rute Ragunan-Dukuh Atas sebanyak 50 unit

4. Rute Lebak Bulus-Senin (via Stasiun Cikini) sebanyak 80 unit

5. Blok M-Manggarai (via Stasiun Manggarai) sebanyak 40 unit

6. Rute lain yang masih dibicarakan oleh 70 unit bus

(dilansir dari detik)

TAGS:
buswayBus TransJakartaFeeder buswayfeeder transJakartafeeder transJakarta gratis

RELATED STORIES

Loading interface...