Hari Pertama PSBB di Jakarta, Fitur Angkut Penumpang Ojol Hilang dari Aplikasi
Foto: Tempo
Nasional

Hari Pertama PSBB di Jakarta, Fitur Angkut Penumpang Ojol Hilang dari Aplikasi

Jumat, 10 Apr 2020 | 13:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  DKI Jakarta secara resmi telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Terkait itu, fitur pemesanan ojek online untuk pengantaran orang baik di GrabBike maupun GoRide pada hari ini sudah menghilang dari aplikasi.

Hal ini dapat terlihat dari halaman muka aplikasi Gojek tak lagi terlihat icon GoRide. Bahkan ketika sudah mengklik "more" untuk melihat layanan lain yang ditawarkan, icon GoRide tak muncul. Sementara fitur lainnya, seperti GoCar dan GoFood, masih bisa diakses.

Sedangkan untuk GrabBike pemesanan untuk ojek online masih dapat ditemukan di halaman muka aplikasi Grab. Meski begitu, ketika mengklik icon GrabBike akan secara otomatis dialihkan ke GrabCar. Pengguna secara tidak langsung diarahkan untuk memesan berbagai layanan yang ada di GrabCar, meski pun sudah mengklik GrabBike sejak awal.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara resmi telah memberlakukan PSBB per hari ini, Jumat, 10 April 2020. Sejumlah kegiatan untuk sementara dilarang demi mengurangi penyebaran virus corona di ibu kota. PSBB di Jakarta diberlakukan hingga 23 April 2020.

Salah satu kegiatan yang dilarang adalah ojek online untuk mengangkut penumpang. Para pengemudi ojek online hanya diperbolehkan bisa mengantarkan barang.

Dilansir dari Tempo, menanggapi penerapan PSBB, Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita menyatakan pihaknya akan mengikuti peraturan yang dibuat Pemerintah DKI  "Dan kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran Covid-19," kata dia dalam keterangan resminya. 

Nila mengungkakan larangan ojek online membawa penumpang selama penerapan PSBB pada 10 - 23 April berdampak pada berhentinya sementara salah satu layanan yang disediakan oleh mitra driver Gojek di Jabodetabek, yaitu layanan transportasi roda dua GoRide. Meski begitu, Nila menambahkan untuk layanan roda empat tetap akan tersedia. "Dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang agar physical distancing bisa tetap terjaga," tambahnya.

Di samping itu, layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan  pengantaran barang GoSend, GoMart, GoShop dan GoBox tetap beroperasi melayani masyarakat selama periode PSBB. Masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery).

TAGS:
ojek onlinegrabgojekpsbb

RELATED STORIES

Loading interface...