Hari Terakhir Ibadah Haji, Ini yang Dilakukan Para Jamaah
Foto: Istimewa
Edukasi Umum

Hari Terakhir Ibadah Haji, Ini yang Dilakukan Para Jamaah

Jumat, 1 Sep 2017 | 15:49 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha,Jumat (1/9) dan 2 juta peziarah Muslim melaksanakan ritual terakhir haji tahunan di Arab Saudi.

Ratusan ribu peziarah berjalan menuju kompleks multi-cerita masif di Mina setelah fajar pada hari Jumat (1/9) untuk melemparkan kerikil di tiga kolom besar. Di sinilah umat Islam percaya bahwa iblis mencoba untuk berbicara dengan Nabi Ibrahim agar tidak tunduk kepada kehendak Allah .

Umat ​​Islam percaya bahwa iman Ibrahim diuji saat Allah memerintahkannya untuk mengorbankan anak tunggalnya, Ismail. Ibrahim siap untuk tunduk pada perintah tersebut, tapi kemudian Allah tetap memegang tangannya, menyelamatkan anaknya. Dalam versi cerita Kristen dan Yahudi, Abraham diperintahkan untuk membunuh anak laki-lakinya yang lain, Ishak.

Hari-hari terakhir haji bertepatan dengan hari raya Idul Adha, atau "Pesta Pengorbanan", untuk memperingati ujian iman Ibrahim. Untuk liburan, umat Islam menyembeli ternak, seperti kambing atau sapi, dan membagikan dagingnya kepada orang miskin.

Untuk tiga hari terakhir haji, peziarah tidur di sebuah lembah tenda besar bernama Mina dan selama tiga hari mengambil bagian dalam rajam simbolis iblis. 

Lebih dari 100.000 aparat keamanan mengelola haji tahun ini, membantu para peziarah dan mengarahkan kerumunan besar yang berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain di daerah sekitar Mekkah selama lima hari selama haji. Pemerintah Saudi juga menawarkan semua layanan kesehatan gratis bagi peziarah dan akses ke rumah sakit selama masa haji.

Kebanyakan peziarah akan tinggal di Mina sampai Senin sebelum menyelesaikan ibadah haji. Mereka kemudian akan mengelilingi Ka'bah berbentuk kubus di Mekkah, situs Islam paling suci, sebelum berangkat. Ka'bah mewakili rumah metaforis Allah dan kesatuan Allah dalam Islam. 

Muslim yang taat di seluruh dunia menghadap Ka'bah selama shalat lima waktu.

Haji lima hari adalah serangkaian ritual yang dimaksudkan untuk membersihkan jiwa dosa dan menanamkan rasa kesetaraan dan persaudaraan di kalangan umat Islam. Ziarah diperlukan dari semua umat Islam dengan sarana untuk melakukan sekali dalam seumur hidup.

Selama tiga hari terakhir haji, peziarah pria mencukur kepala mereka dan melepaskan pakaian putih terrycloth yang dikenakan selama haji. Wanita memotong sekat kecil rambut sebagai tanda kelahiran kembali dan pembaharuan spiritual.

TAGS:
ibadah hajijamaah haji

RELATED STORIES

Loading interface...