Hati-hati! Melamun Bisa Jadi Pertanda Penyakit Mental!

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Hati-hati! Melamun Bisa Jadi Pertanda Penyakit Mental!
Foto: Pexels

WinNetNews.com - Kamu pernah melamun? Melamun bukan berarti pertanda kalau kamu kreatif loh. Tapi bisa juga memiliki pertanda kalau kamu punya penyakit mental. Karena saat melamun, kamu berada dalam dunia fantasi kamu.

Orang yang menderita melamun maladaptif sering tertangkap dalam keadaan di mana fantasi yang berlebihan, mereka mengganggu fungsi sehari-hari mereka. Para peneliti memperingatkan tanda-tanda peringatan tentang melamun terlalu banyak, karena benar-benar dapat menjadi tanda dari penyakit mental.

Sara Waite, yang pernah melamun berlebihan, membuka tentang kondisinya. Dia menyebutkan bahwa lamunannya akan memengaruhi keadaan normal, karena menciptakan skenario realistis dari dunia di sekelilingnya.

"Itu membuat saya terikat kepada orang-orang dengan cara yang tidak realistis. Ini aneh ketika orang-orang yang nyata, yang juga karakter dalam lamunan saya, memperlakukan saya berbeda daripada yang mereka lakukan di dunia mimpi saya," Waite menyatakan saat ia menggambarkan melamun maladaptif selama wawancara dengan CNN.

Waite kemudian menambahkan bahwa dia takut kalau dia tidak bisa mendapatkan bantuan saat kondisinya tampaknya tidak realistis. Dia kemudian datang di komunitas online yang berbagi perjuangannya. Saat itu dia menyadari bahwa melamun terlalu banyak dapat menjadi tanda penyakit mental.

Eli Somer adalah peneliti utama dari studi dan orang yang bertanggung jawab pada kasus jangka melamun maladaptif. Somer dan timnya melakukan penelitian kecil mengenai melamun berlebihan karena mereka terus menemukan cara untuk mengobati kondisi tersebut.

"Ini tidak seperti berlatih percakapan yang mungkin kamu miliki dengan bos," katanya. "Ini aneh, menguntai cerita. Ini menghasilkan rasa intens kehadiran. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kita memiliki gangguan yang valid yang dapat diukur, yang stabil dan unik dan dapat dibedakan dengan jelas dari melamun normal." tambahnya.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...