Hati-hati, Stres Bisa Membuat Tiba-tiba Jadi Mimisan 
ilustrasi
Kesehatan

Hati-hati, Stres Bisa Membuat Tiba-tiba Jadi Mimisan 

Rabu, 19 Jun 2019 | 12:17 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Anda mungkin sedang berleha-leha di rumah, tapi kemudian tiba-tiba ada darah yang menetes dari hidung. Penyebab mimisan itu ada banyak. Mulai dari udara kering, mengupil terlalu keras, atau bahkan cedera hidung. Namun jika semua pemicu tersebut tidak Anda alami, bisa jadi Anda mimisan karena stres. Kok, bisa?

Kenapa bisa mimisan karena stres?

Mimisan atau bahasa medisnya disebut epistaksis terjadi ketika pembuluh darah di bagian depan maupun belakang hidung rusak atau pecah.

Mimisan bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari benturan keras di hidung hingga kondisi medis tertentu yang memengaruhi hidung. Namun, sebuah organisasi sosial nonprofit di Amerika Serikat, yaitu Anxiey and Depression Association of America melaporkan bahwa mimisan juga bisa terjadi saat stres dan kecemasan kronis.

Bahkan, orang-orang yang sering stres dan cemas berlebihan lebih berisiko mengalami mimisan kronis yang sifatnya kambuhan dan sering muncul tiba-tiba. Stres atau kecemasan tidak mengakibatkan mimisan secara langsung. Biasanya terdapat kondisi lain yang menyertai stres atau kecemasan Anda yang menyebabkan mimisan.

Sakit kepala yang muncul saat stres dapat menyebabkan mimisan. Bila Anda punya kebiasaan tanpa sadar mengorek hidung Anda ketika stres, hal ini juga dapat menyebabkan mimisan. Kondisi hamil, berpergian di ketinggian, olahraga ekstrim, atau trauma fisik dapat menimbulkan stres atau kecemasan, serta mimisan.  Obat-obatan yang Anda minum seperti pengencer darah, dapat meningkatkan risiko Anda mengalami mimisan.

TAGS:
mimisan

RELATED STORIES

Loading interface...