Hati-hati...Kabut Asap Bisa Berdampak ke Makanan dan Minuman
ilustrasi
Kesehatan

Hati-hati...Kabut Asap Bisa Berdampak ke Makanan dan Minuman

Selasa, 24 Sep 2019 | 08:20 | Rusmanto
Winnetnews.com - Meski di beberapa daerah sudah diguyur hujan, masih ada sebagian wilayah yang mengalami kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Bahkan, belakangan beredar foto langit di Provinsi Jambi yang merah membara akibat hal ini. 

Masalahnya adalah kabut asap ternyata tidak hanya akan memberikan pengaruh langsung pada kesehatan tubuh. Faktanya, kabut asap bisa mengontaminasi makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Dampak Kabut Asap bagi Makanan dan Minuman

Pakar kesehatan menyebut kabut asap memiliki kandungan zat-zat berbahaya seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, partikel debu, benzene, formaldehid, akrelein, dan lain-lain. 

Tak hanya memberikan dampak buruk bagi organ tubuh, berbagai kandungan ini juga bisa mengontaminasi makanan dan sumber air.

Kandungan sulfur dioksida serta nitrogen oksida yang ada dalam kabut asap ternyata mampu merusak tanaman yang dijadikan sumber makanan kita seperti sayuran. Kandungan ini akan membuat membran sel tanaman rusak sehingga tidak mampu melakukan fotosintesis dan respirasi. Selain itu, keberadaan ozon yang sangat tebal di dalam kabut asap juga menghambat respirasi dan fotosintetis tanaman.

TAGS:
kabut asapmakananminuman

RELATED STORIES

Loading interface...