Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur Agar Tidak Lapar
Lifestyle

Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur Agar Tidak Lapar

Rabu, 8 Mei 2019 | 18:40 | Aldina Putri Nst
Winnetnews.com - Pada bulan Ramadan, sahur adalah salah satu hal yang harus kamu laksanakan agar mampu menahan lapar hingga menjelang berbuka puasa. Nah, di artikel ini akan membahas asupan yang harus kamu konsumsi saat sahur.

Salah satu hal yang paling berpengaruh pada kondisi tubuh saat puasa adalah apa yang dikonsumsi saat sahur. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung serat yang tinggi sangat dianjurkan saat sahur agar rasa kenyang yang dirasakan menjadi lebih lama. Sebaiknya hindari 5 makanan ini agar puasa kamu lancar.

Makanan Berlemak

Ternyata makanan berlemak dapat menjadi penyebab masalah dalam lambung, salah satunya adalah rasa begah yang dirasakan ketika mengonsumsi makanan berlemak yang terbilang berlebihan.

“Mag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan akan tinggal lama di lambung dan bikin begah, contohnya makanan yang tinggi lemak. Jadi usahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak,” ungkap dokter spesialis gizi klinis RS Pondok Indah bernama dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK.

Makanan Manis

Ketika sedang sahur ada baiknya agar tidak berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman manis dikarenakan kandungan manis pada makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Faktanya, ketika gula darah meningkat, pangkreas akan melepas hormon insulin yang akan berdampak pada zat gula menjadi turun hingga di bawah normal. Efek yang akan didapatkan adalah rasa lemas, capek, dan ngantuk.

Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Jika mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi akan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi dikarenakan sistem tubuh yang bertugas untuk menyerap cairan akan menjadi terganggu.

Makanan Pedas

Kebiasaan konsumsi makanan pedas saat sahur akan memberi dampak pada perut, terutama pada sistem pencernaan yang disebabkan karena terjadinya peningkatan pada asam lambung.

Makanan dengan Kandungan Kafein

Cokelat, kopi dan teh adalah beberapa makanan yang mengandung kafein. Usahakan untuk tidak konsumsi kafein saat sahur karena akan menyebabkan tubuh menjadi kehilangan cairan selama menjalankan puasa.

 

 

TAGS:
sahurmakananminuman

RELATED STORIES

Loading interface...