Hobi Main Gadget Sebelum Tidur di Ruang Gelap, Pria ini Alami Stroke Mata
Ilustrasi: Harvard Health
Kesehatan

Hobi Main Gadget Sebelum Tidur di Ruang Gelap, Pria ini Alami Stroke Mata

Rabu, 30 Okt 2019 | 14:55 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Apa kamu senang bermain ponsel sebelum tidur dalam keadaan lampu mati? Dokter seringkali memperingatkan kita untuk tidak terus-menerus melakukan kegiatan ini karena dapat memunculkan penyakit berbahaya.

Baru-baru ini, seorang pemuda asal China mengalami stroke di mata karena kecanduan bermain game di ponsel sebelum tidur. Dilansir dari Mirror, pria ini mengalami kebutaan ‘sementara’ karena kebiasaan buruk ini. Kebiasaan ini menurut para dokter memicu timbulnya sumbatan di pembuluh darah mata yang bisa menyebabkan kehilangan pandangan jika tidak segera diobati.

“Aku menggunakan mata kananku untuk melihat ponselku. Aku bisa membaca beberapa kata namun yang lain tidak bisa. Aku suka bermain game di ponsel, namun di malam hari istriku tidak ingin aku memainkannya karena cahayanya yang terlalu terang setelah lampu dimatikan,” kata pemuda yang diketahui bernama Wang ini dalam sebuah wawancara dengan South China Morning Post.

Setelah mengalami serangan tersbeut, ia lantas dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosis terkena central retinal artery occlusion atau yang lebih dikenal dengan sebutan stroke mata. Penyumbatan ini membuat oksigen gagal dibawa ke retina mata yang mengirimkan sinyal ke otak.

Lei Tao, dokter yang menangani Wang mengatakan bahwa penggunaan barang elektronik secara berlebihan bisa menyebabkan penekanan lebih pada pandangan yang terjadi padanya. Menurut Lei, ia sudah menangani banyak kasus serupa.

“Penyumbatan pada arteri retina itu mendadak, serius, dan bisa bermanisfestasi langsung terhadpa penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Kami biasanya sebut penyakit tersebut dengan ‘stroke mata’," jelas Lei.

Stroke mata saat ini banyak dialami oleh para anak muda di Cina dan kasusnya selalu meningkat tiap tahunnya. Lebih lanjut, Lei menyarankan untuk melakukan pencegahan, yakni dengan tidur secara teratur, hindari begadang dan menatap ponsel, televisi, dan komputer dalam waktu yang lama.

 

TAGS:
info kesehatantips kesehatanefek bermain gadgetmain gadget sebelum tidurstrokestroke mata

RELATED STORIES

Loading interface...