Hubungan Antara Berat Badan dengan Risiko Kanker Payudara
ilustrasi
Kesehatan

Hubungan Antara Berat Badan dengan Risiko Kanker Payudara

Jumat, 1 Nov 2019 | 07:50 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Memiliki badan yang gemuk adalah hal yang kurang disukai kaum hawa. Masalahnya adalah hal ini tak hanya akan membuat penampilan lebih buruk. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang gemuk ternyata lebih rentan terkena kanker payudara. Kok bisa?

Kaitan Antara Berat Badan dengan Risiko Kanker Payudara

Pakar kesehatan menyebut obesitas atau kelebihan berat badan memang bisa menjadi penyebab dari berbagai macam masalah kesehatan layaknya penyakit jantung, hipertensi, diabetes, hingga berbagai macam kanker seperti kanker lambung, tiroid, pankreas, usus besar, prostat, dan lain-lain.

Para wanita yang sudah berada dalam fase menopause diminta untuk lebih cermat dalam menjaga berat badannya. Jika sampai mereka mengalami kondisi kegemukan, maka risiko untuk terkena kanker payudara bisa meningkat hingga 20 atau 40 persen jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang normal.

Kelebihan berat badan akan membuat jaringan lemak di dalam tubuh lebih banyak. Masalahnya adalah hal ini bisa memicu peradangan dan kerusakan pada sel yang bisa saja berujung pada kanker payudara. Selain itu, tingginya kadar lemak di dalam tubuh juga bisa membuat kadar steroid dan hormon insulin meningkat. Kedua faktor ini bisa mempengaruhi risiko terkena kanker payudara.

Peradangan yang terkait dengan kadar lemak yang tinggi bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun, memicu kerusakan DNA, dan akhirnya berimbas pada berkembangnya kanker payudara.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Annals of Oncology, disebutkan bahwa risiko terkena kanker payudara pada wanita gemuk bisa mencapai 21 hingga 41 persen lebih besar. Mereka juga memiliki risiko kematian dini lebih besar 25 hingga 68 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan normal.

Melihat fakta ini, kaum hawa memang sebaiknya menjaga berat badannya tetap ideal, khususnya jika mulai menerapkan gaya hidup sehat demi memastikan diri mencegah datangnya berbagai macam masalah kesehatan seperti kanker payudara.

TAGS:
wanita gemukkanker payudara

RELATED STORIES

Loading interface...