Ibu Memiliki Rahim Ganda, Bayi Kembar Ini Lahir Beda 11 Hari

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Ibu Memiliki Rahim Ganda, Bayi Kembar Ini Lahir Beda 11 Hari Bayi Kembar Lahir Beda 11 Hari (sumber: mirror.co.uk)
Winnetnews.com -  Seorang ibu yang melahirkan anak kembar adalah hal biasa. Tapi, bagaimana jika ibu tersebut baru melahirkan anak keduanya setelah 11 hari dari kelahiran anak pertama?

Kejadian unik ini terjadi di Kazakhstan. Dilansir dari Mirror, seorang perempuan bernama Liliya Konovalova (29), melahirkan dua bayi kembar dengan jarak waktu yang jauh, yakni 11 hari.

Awalnya Liliya melahirkan seorang bayi perempuan pada 24 Mei 2019 lalu. Kemudian kembaran dari anak perempuan ini pun lahir pada 9 Agustus.

Bayi perempuan Liliya diberikan nama Liya. Liya lahir dalam kondisi prematur dengan berat badan 0,5 kg. Sehingga ia harus mendapat perawatan insentif di rumah sakit. Sementara putranya, Maxim, yang lahir dua setengah bulan kemudian, memiliki bobot 1,02 kg.

Kementerian Kesehatan Kazakhstan mengatakan bahwa kejadian ini satu dibanding 50 juta dan merupakan kasus pertama di negara itu. Sedangkan menurut dokter, Liliya memiliki rahim ganda.

Kondisi ini dikenal dengan nama uterus didelphys, yang berarti masing-masing bayi Liliya berkembang di dua rahim yang berbeda. Keadaan ini lah yang membuat bayi kembar bisa lahir di hari yang berbeda.

Penyebab lain bisa terjadi karena masalah kesehatan selama hamil, sehingga salah satu bayi harus lahir lebih dulu, daripada kembarannya.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Gynecology & Obstetrics, penyebab lain yang bisa terjadi diantaranya karena lapisan yang melindungi bayi sobek; cairan ketuban terinfeksi; atau leher rahim rusak. Bahkan dalam kondisi yang lebih serius, salah satu bayi harus dilahirkan lebih dulu agar bisa berhenti tumbuh.

Jika kondisi ini terjadi, orang tua lebih disarankan untuk tidak panik. Sebab, menurut penelitian yang diterbitkan Facts View Vis Obgyn, menyatakan bahwa melahirkan salah satu bayi kembar lebih dulu bisa menyelamatkan nyawa bayi tersebut dan kembarannya.

Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan check kandungan ke dokter. Sebab dokter akan tahu perkembangan calon-calon bayi dan bagaimana penanangannya.