IMF: Indonesia Jadi Salah Satu dari Tiga Negara di Asia yang Mampu Bertahan Secara Ekonomi
Foto: Suara.com
Nasional

IMF: Indonesia Jadi Salah Satu dari Tiga Negara di Asia yang Mampu Bertahan Secara Ekonomi

Rabu, 8 Apr 2020 | 12:20 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - International Monetary Fund (IMF) dan Word Bank memberikan prediksi  bagaimana dampak ekonomi akibat penyebaran virus corona dan imbasnya terhadap perekonomian negara di dunia. Uniknya, IMF memprediksi bahwa Indonesia menjadi satu dari tiga negara yang mampu bertahan dari wabah COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, bahwa World Bank dan IMF menyebut di Asia, Indonesia termasuk negara yang bisa bertahan secara ekonomi akibat pandemi corona.

"Proyeksi untuk Asia, termasuk Indonesia dari dua institusi, yaitu Word Bank dan IMF. Hanya tiga negara yang masih diperkirakan bertahan diatas 0 persen atau positif teritori, yaitu Indonesia, Tiongkok, dan India, " kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani,

Ia kemudian juga mengatakan bahwa perekonomian Indonesia diperkirakan akan tumbuh sebesar 2,3 persen di kuartal II dan III pada tahun ini, sementara pertumbuhan akan membaik di kuartal IV tahun 2020.

"Untuk Indonesia saat ini, sekenario kita sudah turun di 2,3 persen, ini adalah dampak dari COVID-19 yang paling severe atau paling parah terjadi di kuartal kedua tahun ini dan mungkin akan continue di kuartal tiga dan mungkiin agak mulai membaik dikuartal keempat, " tambahnya. 

Dampak akibat corona memang sangat terasa dan berpengaruh besar pada pertumbuhan ekonomi. Setiap negara kini  membuat berbagai kebijakan demi menangani dampak ekonomi corona. Sri Mulyani kembali menerangkan bahwa langkah yang dilakukan biasanya terdiri dari instrumen fiskal, yang kaitannya dengan memberikan insentif pajak.

TAGS:
Sri MulyaniCoronaCOVID-19

RELATED STORIES

Loading interface...