Indonesia Pilih Tak Pulangkan WNI Eks ISIS, Mahfud MD: Mereka di Sini Mau Ngapain?
Menko Polhukam Mhafud MD (foto: Nasional Kompas)
Politik

Indonesia Pilih Tak Pulangkan WNI Eks ISIS, Mahfud MD: Mereka di Sini Mau Ngapain?

Rabu, 12 Feb 2020 | 11:30 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Pemernintah Indonesia telah memutuskan untuk tidak memulangkan ratusan WNI eks ISIS. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD, menyebut tidak akan ada proses hukum bagi orang-orang tersebut.

Menurut Mahfud, orang-orang ini sebelumnya sudah pergi dari Tanah Air ke Timur Tengah dan bergabung denga ISIS tanpa ada pemberitahuan.

“Enggak ada, wong mereka yang pergi, terus mau diapain? Kita tidak tahu mereka siapanya,” kata Mahfud kepada Suara.com saat ditemui di kantornya di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (12/02).

Pemerintah Indonesia memang sengaja menutuskan untuk tidak memulangkan ratusan WNI eks ISIS yang saat ini berada di Timur Tengah. Langkah tersebut diambil karena pemerintah tidak ingin aksi terror dan ekstrimisme menjamur di Tanah Air.

Lebih lanjut, Mahfud menyebut pemerintah saat ini tetap menjamin rasa aman kepada masyarakat Indonesia. Keputusan untuk tidak memulangkan sebanyak 600 lebih teroris ISIS itu sudah dianggap tepat.

Keputusan untuk tidak memulangkan para eks militant itu didasarkan pada rapat cabinet yang dihelat hari ini, Rabu (12/02). Pemerintah bahkan menghimpun data dari orang-orag yang diduga bergabung dengan ISIS.

“Bahkan tidak akan memulangkan FTF ke Indonesia. Meski begitu, pemerintah akan menghimpun data yang lebih valid tentang jumlah dan identitas orang-orang yang dianggap terlibat aksi terror, bergabung dengan ISIS,” pungkas Mahfud.

TAGS:
Mahfud MDISISWNI eks ISISterorismeterorisekstremisradikalisme

RELATED STORIES

Loading interface...