Ingin Kulit Tetap Terjaga Kesehatannya? Yuk…Rutin  Cuci Tangan
Ilustrasi menencuci tangan. ( Photo Istockphoto/AlexRaths )
Kesehatan

Ingin Kulit Tetap Terjaga Kesehatannya? Yuk…Rutin  Cuci Tangan

Sabtu, 28 Mar 2020 | 12:44 | Muchdi

Winnetnews.com -  Meningkatnya persebaran infeksi virus corona atau COVID-19 menyebabkan perhatian orang untuk cuci tangan meningkat. Banyak orang kini mulai mencuci tangan dengan sungguh-sungguh untuk menekan persebarannya.

Pada saat ini, banyak orang mulai mencuci tangan dengan lebih sering untuk terhindar dari infeksi. Walau bedampak baik, hal ini tentu menyebabkan dampak negatif pada tangan.

"Baik karena meningkatnya pandemik corona atau karena musim dingin, mencuci tangan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah transmisi infeksi. Sayangnya, penggunaan sabun dan merendam tangan di air bisa merusak batas yang hendak kamu lindungi," terang Dr. Adam Friedman, profesor kesehatan kulit dari George Washington School of Medicine and Health Sciences, dilansir dari Healthline.

Ketika kita lebih sering cuci tangan dibanding biasanya, maka tangan bakal menjadi lebih kering dan mudah luka. Dilansir dari Healthsite, berikut sejumlah cara untuk jaga kulit tetap sehat.

- Cuci dengan Air Hangat

Mencuci tangan dengan air hangat bisa jadi cara untuk menjaga kesehatan kulit. Air panas dan dingin bisa membuat kulit mudah kering. Air hangat dengan sabun melimpah bisa menjaga kelembapan tangan tetap dalam kondisi sehat.

- Gunakan Sabun dengan Pelembap

Banyak sabun bisa menghilangkan kelembapan kulit tangan dan membuatnya jadi pecah-pecah. Pastikan memilih sabun yang menjaga kelembapan kulit dengan tingkat keasaman yang rendah. Pastikan untuk memilih sabun cair dan jangan sabun batangan.

- Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap bisa membantu agar air tidak menyerap kelembapan di tangan dan membuatnya menjadi kering. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pelembap baik dalam bentuk salep maupun krim usai kamu mencuci tangan.

- Gunakan Sarung Tangan

Agar kelembapan tangan tetap terjaga, kamu bisa menggunakan sarung tangan usai mengoleskan pelembap. Kamu bisa menggunakan sarung tangan katun untuk menjaga kelembapan tangan di malam hari saat tidur.

TAGS:
kulitvirusCoronacuci tanganinfeksi

RELATED STORIES

Loading interface...