Ingin Terhindar dari Depresi? Atur Keuangan dengan Baik

Muchdi
Muchdi

Ingin Terhindar dari Depresi? Atur Keuangan dengan Baik ilustrasi Depresi ( Photo daveandchad )

Winnetnews.com - Perilaku keuangan yang terencana pada pelajar atau mahasiswa tidak hanya bermanfaat membuat kehidupan mereka terjamin saja.

Diketahui bahwa hal ini membuat mereka lebih sedikit mengalami gejala depresi serta bisa memiliki kepuasaan lebih tinggi saat menjalin hubungan.

Dilansir dari The Health Site, hasil ini diketahui berdasar sebuah penelitian yang sudah dilakukan. Penelitian ini mengumpulkan data dari tiga waktu berbeda selama periode enam tahun.

peneliti mengikuti sekelompok siswa di Amerika Serikat dari tahun keempat kuliah mereka hingga lima tahun setelah kelulusan.

Partisipan diminta pada tiga waktu berbeda untuk melaporkan secara mandiri perilaku finansial mereka. Beberapa hal yang harus dilaporkan adalah seberapa banyak uang yang dihabiskan, disimpan, dipinjam, serta perencanaan pengeluaran mereka.

"Kami menemukan bahwa perilaku finansial pada saat tahun keempat kuliah ini berlanjut memiliki implikasi positif terhadap kehidupan dewasa mereka lebih dari lima dekade kemudian," terang Melissa Curran, Associate Profesor di University of Arizona, Amerika Serikat.

Temuan yang dipublikasikan pada Journal of Applied Developmental Psychology menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan keuangan baik pada tahun keempat kuliah atau yang menunjukkan perkembangan selama penelitian memiliki suatu hal yang sama.

Mereka lebih cenderung menganggap diri mereka sebagai orang dewasa pada saat penelitian usai dilakukan ketika partisipan berusia 26 hingga 31 tahun.

Diketahui bahwa mereka yang lebih bertanggungjawab dengan keuangan mereka cenderung memiliki gejala depresi lebih rendah dan kepuasaan hubungan yang lebih tinggi. Kedua hal ini menjadi dasar dari identitas dewasa yang mereka miliki.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Merdeka.com dengan judul "Pintar Atur Keuangan Bisa Buat Seseorang Terhindar dari Depresi"

Editor: Baiq Fevy Shofya Wahyulana