Ingin Tetap Sehat Selama Perjalanan Arus Balik? Ini Tipsnya
tetap sehat saat perjalanan arus balik ( Photo Faremania)
Kesehatan

Ingin Tetap Sehat Selama Perjalanan Arus Balik? Ini Tipsnya

Sabtu, 8 Jun 2019 | 12:23 | Muchdi
Winnetnews.com - Setelah kumpul keluarga selama Lebaran, pemudik kini siap kembali ke perantauan. Perjalanan panjang kembali dilalui untuk kembali bekerja seperti biasa.

Sama seperti saat mudik, mengarungi arus balik juga butuh fokus dan stamina. Pemudik tentunya harus tetap sehat supaya bisa segera kembali beraktivitas.

Seperti dikutip dari situs detikHealth yang dirangkum dari berbagai sumber,Jakarta, dikutp Sabtu (8/6/2019),  berikut tips buat pemudik agar sehat selalu di perjalanan.

- Jangan buru-buru

Seperti saat mudik, pemudik juga harus menyiapkan diri selama arus balik. Tidak buru-buru memungkinkan pemudik menyiapkan obat-obatan, kendaraan, dan keperluan pribadi lain saat dalam perjalanan. Selain itu, pemudik tak perlu ngebut yang membahayakan diri dan penumpang lain.

- Istirahat cukup

Setelah 2-4 jam menyetir atau duduk biasanya tubuh terasa pegal dan ngantuk. Saat itu tak ada salahnya menepi sebentar di rest area terdekat. Bergerak atau tidur sebentar lebih disarankan, daripada nekat jalan dalam kondisi tubuh tidak optimal.

- Hindari doping

Istirahat yang paling baik adalah tidur, meski hanya 15-20 menit dengan power nap. Fungsi tidur tidak bisa diganti dengan kopi, minuman berenergi, atau camilan. Tidur mengembalikan stamina tubuh dan fokus yang diperlukan selama perjalanan.

- Jaga asupan

Pemudik yang menyetir sendiri atau naik kendaraan umum harus menjaga asupan sebelum dan selama perjalanan. Keseimbangan nutrisi mencegah pemudik mengalami infeksi, kambuh, atau gangguan lainnya. Hal ini termasuk memastikan tubuh terhidrasi sempurna dengan 8 gelas air putih per hari.

- Pipis jika kebelet

Menahan pipis jangan dilakukan pemudik demi lekas sampai tujuan. Bila rute perjalanan minim rest area sebaiknya pipis terlebih dulu. Menahan pipis, apalagi bila sering dilakukan, bisa berakibat buruk pada kesehatan pemudik.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

TAGS:
perjalananmenyetirfokusstaminalebaran

RELATED STORIES

Loading interface...