Ingin Tidak Ngorok Saat Tidur? Yuk…Hindari Makanan Ini

Muchdi
Muchdi

Ingin Tidak Ngorok Saat Tidur? Yuk…Hindari Makanan Ini Ilustrasi tidur Mendengkur atau ngorok ( Photo Drreinmiller)

Winnetnews.com -  Mendengkur atau ngorok merupakan salah satu kondisi kesehatan yang memang kadang sulit untuk dihilangkan. Ngorok bisa menjadi salah satu tanda adanya gangguan tidur atau sleep apnea.

Hal ini terjadi disebabkan adanya aliran udara yang menggetarkan jaringan longgar di tenggorokan kita. Hal ini bergantung pada tahap apa tidur kita dan berbeda tiap orang. Saat itu saluran udara jadi terbatasi karena otot yang longgar, memproduksi suara ngorok yang menyebalkan.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena bisa menyebabkan otot longgar, beberapa bisa menimbulkan inflamasi dan meningkatkan produksi lendir.

- Roti atau tepung

Hindari mengonsumsi bahan-bahan dari gandum olahan seperti yang berbahan dasar tepung. Tepung terigu putih tidak baik dikonsumsi sebelum tidur karena bisa menyebabkan inflamasi dan mendorong molekul yang memproduksi lendir, yang semakin menyumbat saluran pernapasan dan menyebabkan ngorok.

- Gula

Gula sudah lama diperdebatkan akan efeknya bagi kesehatan, apalagi rupanya kini meminum atau memakan yang manis-manis di malam hari bisa menjadi alasan utamamu mengorok. Gula olahan bisa memperburuk jaringan tenggorokan dan menyebabkan ngorok karena meningkatkan produksi alami dahak dan menyumbat saluran pernapasan. Selain itu juga meningkatkan produksi cytokine yang menyebabkan inflamasi.

- Daging tinggi lemak

Ada bagian daging yang tinggi akan lemak dan juga protein yang bisa menyebabkan inflamasi dan meningkatkan kadar lemak jenuh. Ujung-ujungnya menyebabkan ngorok. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi daging penuh lemak dan ganti dengan daging tanpa lemak agar tetap sehat dan tak ngorok.

- Produk susu

Meminum susu sebelum tidur sering kita dengar sebagai anjuran yang baik dan menyehatkan. Namun ternyata produk susu bisa menyebabkan ngorok, hal ini disebabkan produk susu bisa memicu peningkatan produksi lendir di dalam tubuh, sehingga terjadilah mendengkur.

- Alkohol

Alkohol sebelum tidur mungkin dianggap baik karena bisa menenangkan saraf dan membuat tidur lebih nyenyak. Namun justru membuat ototmu kelewat rileks dan menjadi ngorok. Ditambah lagi mengonsumsi alkohol sebelum tidur tidak baik karena bisa mengganggu tidurmu.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detikHealth.com dengan judul "Hindari 5 Makanan Ini Agar Tidak Ngorok Saat Tidur"