Ini 4 Penyebab Menurunnya Nafsu Makan
Foto: The Self Improvement Big
Lifestyle

Ini 4 Penyebab Menurunnya Nafsu Makan

Minggu, 17 Mei 2020 | 14:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Makan merupakan kebutuhan sehari-hari yang perlu kita penuhi. Akan tetapi, tidak selamanya kita memiliki keinginann untuk makan, kadang nafsu makan seseorang pun menurun dan membuat diri kita tidak merasa lapar sama sekali.

Menurunnya nafsu makan ini sebenarnya bisa menandai kondisi tertentu dari tubuh kita. Jika hal ini terjadi secara mendadak, biasanya penyebab utamanya yakni karena stres. Akan tetapi, jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bisa jadi terdapat kondisi kesehatan yang perlu segera ditangani.

Jika nafsu makan menurun, tubuh akan jadi terasa lemas dan tidak bertenaga. Selain itu, tubuh pun akan terasa mual saat mencoba makanan tertentu. Dikutip dari Livestrong, berikut ini beberapa penyebab turunnya nafsu makan.

Stres

Rasa stres yang timbul di dalam tubuh seseorang dapat membuat kita kehilangan nafsu makan. Stres dapat membuat seseorang mengabaikan isyarat lapar, sehingga tanpa sadar sudah melewatkan waktu makan. Jika hal ini terjadi tanpa ada gejala, kita masih bisa mengatasinya dengan melakukan meditasi, olahraga teratur dan tidur yang cukup.

Adanya gangguan psikologis

Gangguan psikologis seperti depresi juga dapat menurunkan nafsu makan kita. Pasalnya, depresi mampu memengaruhi daerah otak yang berhubungan dengan nafsu makan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Psychiatry pada April 2016 lalu menunjukkan bahwa adanya penurunan aktivitas di daerah mid-insula otak dan memengaruhi nafsu makan.

Sedang menjalani pengobatan

Menurunnya nafsu makan juga bisa terjadi saat tubuh sedang melawan infeksi. Kondisi ini bahkan bisa diperparah oleh jenis pengobatan tertentu. Terdapat beberapa jenis obat yang dapat menurunkan nafsu makan, seperti digoxin, fluoxetine, quindine, dan hydralazine. Oleh karena itu, penting untuk kita melakukan diskusi dengan dokter agar dapat melakukan penyesuaian obat untuk meningkatkan nafsu makan.

Kanker

Menurut American Society of Clinical Oncology (ASCO), kehilangan nafsu makan dapat menjadi tanda adanya perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Misalnya saja kanker perut, bisa menyebabkan pembengkakan, iritasi, dan rasa sakit perut. Pembesaran liver pun mengakibatkan tekanan pada lambung dan menimbulkan sensasi kenyang. Rangkaian terapi kanker juga disebut turut memengaruhi menurunnya nafsu makan.

TAGS:
LifestyleNafsu Makan Menurunstreskanker

RELATED STORIES

Loading interface...