Ini Alasan Kenapa Pasien Disarankan Puasa Sebelum Melakukan Operasi!
Kesehatan

Ini Alasan Kenapa Pasien Disarankan Puasa Sebelum Melakukan Operasi!

Selasa, 22 Mei 2018 | 13:05 | kontributor

winnetnews.com - Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan sebelum seseorang melaksanakan operasi. Diantaranya anastesi (pembiusan) dan biasanya pasien akan disarankan untuk melakukan puasa. Ternyata aturan berpuasa untuk orang yang akan dioperasi bukan tanpa alasan loh! Kebijakan berpuasa ini juga dilakukan oleh para dokter di seluruh dunia.

Alasannya adalah untuk membantu proses anastesi berjalan dengan baik, dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Karena saat anastesi diberikan, seluruh tubuh pasien akan terpengaruh. Resiko terjadinya pelemasan otot-otot di tubuh terutama korongkongan juga sangat besar. Sehingga bila masih ada makanan atau minuman yang tersisa, bisa menyebabkan makanan dan minum tersebut masuk ke dalam saluran yang salah.

Kalau saja makanan dan minuman masuk ke saluran pernapasan (misalnya), dampaknya akan terjadi komplikasi pada pasien. Pasien bisa saja tersedak seketika karena jalan napas tertutup dengan makanan dan minuman tadi. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi, pasien bisa terkena infeksi paru. Namun, kebijakan untuk berpuasa sebelum melakukan operasi saat ini sudah banyak dokter yang tidak menjalankannya. Alasannya karena prosedur ini dianggap berlebih-lebihan. Saat ini kebijakan untuk berpuasa atau tidak, bergantung kepada dokternya. Dokter yang menangani pasien tersebut pasti yang paling memahami kondisinya sehingga boleh atau tidaknya makan dulu bergantung dari keputusan dokter, karena kondisi tiap pasien berbeda-beda, tidak bisa dibuat aturan secara universal.

TAGS:
operasipuasasebelum operasianastesi

RELATED STORIES

Loading interface...