Ini Alasan Luka Sayatan Kertas Terasa Sangat Perih
Ilustrasi, Pixabay
Lifestyle

Ini Alasan Luka Sayatan Kertas Terasa Sangat Perih

Sabtu, 1 Feb 2020 | 18:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Mungkin kamu pernah merasakan jari tersayat karena potongan kertas. Rasanya sakit bukan? Bagi sebagian orang, luka karena terkena sayatan kertas atau paper cut itu cukup menyakitkan.

Dilansir dari Science Alert, rasa sakit karena sayatan kertas terjadi karena reseptor saraf terhadap sakit paling banyak ditemukan di ujung jari. 

"Ujung jari adalah alat untuk merasakan sesuatu dan melakukan tugas kecil yang rumit. Jadi masuk akal kalau kita memiliki banyak ujung saraf di sana. Ini semacam mekanisme keamanan," ujar ahli dermatologi Hayley Godlbach dari University of California, Los Angeles.

Godlbach menambahkan, ujung saraf itu disebut nosiseptor yang bertugas untuk memberikan sinyal pada otak melalui sensasi rasa sakit terhadap suhu tinggi, bahan kimia berbahaya, dan tekanan yang bisa menghancurkan kulit.

Kertas memang memiliki ujung yang tajam, tapi tidak bisa menembus  dan menyebabkan luka yang sangat dalam. Oleh karena itu, kertas hanya bisa merusak jaringan kulit dengan kasar atau luka dangkal. Namun karena saraf yang palin sensitif berada di dekat permukaan kulit di ujung jari, maka sayatan kertas pun terasa menyakitkan.

TAGS:
sayatan kertaslukasakit

RELATED STORIES

Loading interface...