Ini Bahayanya Bila Sering Konsumsi Makanan dalam Kaleng

Rusmanto
Rusmanto

Ini Bahayanya Bila Sering Konsumsi Makanan dalam Kaleng ilustrasi
Winnetnews.com - Makanan kalengan seringkali dianggap sebagai pilihan makanan yang praktis dan mudah untuk dibuat. Selain itu, makanan-makanan ini juga biasanya memiliki rasa yang cukup nikmat. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut hobi mengonsumsi makanan kalengan bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan.

Bahaya sering mengonsumsi makanan kalengan

Ada banyak sekali alasan yang membuat pakar kesehatan sama sekali tidak menyarankan kita untuk sering mengonsumsi makanan kalengan layaknya sarden kalengan, daging kalengan, hingga sayuran atau buah kalengan.

Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Bisa menyebabkan gangguan pencernaan

Dampak pertama yang bisa kita rasakan jika terlalu sering mengonsumsi makanan kalengan adalah meningkatnya risiko terkena gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh keberadaan bahan kimia yang digunakan pada kemasan kalengan ini demi membuat makanan di dalamnya terjaga keawetannya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, dihasilkan fakta bahwa makanan kalengan rentan terpapar bahan kimia stanum yang bisa memicu pengendapan di dalam usus dan memicu datangnya gangguan pencernaan layaknya mual-mual, muntah, hingga nyeri perut.