Ini Bahayanya Bila Sering Mendengkur Saat Tidur
ilustrasi
Lifestyle

Ini Bahayanya Bila Sering Mendengkur Saat Tidur

Sabtu, 9 Nov 2019 | 12:53 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Mendengkur mungkin masalah yang umum terjadi. Meski dipandang sebelah mata, ternyata hal ini bisa membawa dampak buruk, terutama kesehatan. Selain mengganggu, ada berbagai bahaya lain karena tidur mendengkur yang perlu Anda ketahui. Apa saja? Simak jawabannya berikut ini.

Kenapa Anda mendengkur?

Suara berisik yang muncul saat tidur ini terjadi akibat saluran pernapasan yang menyempit atau terhalang. Kondisi tersebut menyebabkan adanya getaran saat bernapas dan akhirnya menimbulkan suara dengkuran.

Terhalangnya saluran pernapasan ini disebabkan oleh otot tenggorokan yang melemah akibat penuaan. Dikutip dari laman Mayo Clinic, mendengkur juga bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebihan dan masalah kesehatan tertentu.

Bahaya tidur mendengkur yang perlu Anda ketahui

Tidur mendengkur bisa membuat pasangan atau anggota keluarga terganggu. Walaupun Anda mengetahuinya, hal ini sulit untuk dikendalikan. Perasaan bersalah mungkin akan timbul sehingga membuat Anda tidak nyaman untuk tidur.

Tidak hanya itu saja, kebiasaan tidur yang dikaitkan dengan sleep apnea juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang berhenti bernapas sejenak saat tidur. Biasanya pasien sleep apnea akan mendengkur sangat keras dan bangun tidur dalam kondisi kelelahan.

Berikut ada beberapa bahaya tidur mendengkur bagi kesehatan, di antaranya:

TAGS:
mendengkurtidursleep apnea

RELATED STORIES

Loading interface...