Ini Beberapa Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Kesehatan

Ini Beberapa Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 6 Des 2019 | 12:57 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sudah menjadi rahasia umum jika kopi termasuk dalam minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa mengonsumsinya secara rutin bisa membantu mencegah hipertensi, diabetes, dan obesitas. Bagaimana cara kopi mencegah datangnya masalah-masalah kesehatan ini?

Kopi Bisa Cegah Diabetes, Obesitas, dan Hipertensi

Penelitian ini dilakukan oleh para ahli dari dua universitas yang ada di Navarre, Spanyol, serta Catania, Italia. Para peneliti menemukan fakta tentang manfaat rutin minum kopi bagi menurunnya risiko terkena diabetes tipe2.

“Hasil penelitian yang kami lakukan membuktikan bahwa kandungan di dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen. Apapun jenis kopinya, baik itu yang berkafein atau tidak, tinggi kandungan polifenol, trigonelin, serta melanoidin yang bisa mencegah datangnya masalah kesehatan,” ungkap Esteania Toledo, pakar kesehatan dari Navarre University and Ciberobn, Spanyol.

Sebagai informasi, polifenol, trigonelin, dan melanoidin termasuk dalam kandungan antioksidan yang bersifat anti peradangan. Tak hanya ditemukan di dalam kopi, kandungan ini juga bisa ditemukan di dalam teh hijau, minuman yang dikenal luas bisa menurunkan berat badan, menurunkan stres, dan mencegah peradangan di dalam tubuh.

Khusus untuk kopi, mengonsumsinya empat cangkir dalam sehari bisa memberikan manfaat berupa meningkatnya laju metabolisme tubuh, menurunnya tekanan darah, hingga kadar gula darah yang lebih terkendali. Hanya saja, bagi mereka yang cenderung sensitif dengan kopi, mengonsumsinya dengan porsi yang lebih sedikit juga tidak apa-apa karena tetap bisa memberikan manfaat keshatan.

“Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mencari tahu alasan kopi terkait dengan sistem metabolisme tubuh, tapi hal ini membuktikan bahwa minuman ini memang bermanfaat bagi kesehatan,” ujar Toledo.

TAGS:
manfaat kopidiabetes

RELATED STORIES

Loading interface...