Ini Beberapa Sayuran untuk Mencegah Anemia
ilustrasi
Kesehatan

Ini Beberapa Sayuran untuk Mencegah Anemia

Minggu, 23 Feb 2020 | 19:11 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Anemia atau kurang darah adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia biasanya ditandai dengan kelelahan, lemah, kulit pucat, dan banyak gejala lainnya. Salah satu cara mengobati dan mencegah anemia adalah dengan konsumsi sayuran penambah darah darah secara rutin.

Sayuran Penambah Darah

Anemia paling umum disebabkan oleh kekurangan zat besi. Jenis sayuran penambah darah umumnya adalah sayuran yang memiliki kandungan zat besi tinggi atau yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Berikut adalah sayuran penambah darah yang wajib untuk dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati anemia:

1. Bayam

Sayuran pertama yang bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia adalah bayam.

Dalam 100 gram bayam mentah kurang lebih terkandung 2,7 mg zat besi yang dapat memenuhi sekitar 15% dari kebutuhan zat besi harian kita.

Selain itu, bayam juga menjadi salah satu sayuran penambah darah untuk ibu hamil yang direkomendasikan karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Folat adalah salah satu vitamin untuk ibu hamil yang paling utama.

Kandungan bayam lainnya yang juga baik untuk kesehatan adalah antioksidan karotenoid yang dapat menurunkan berbagai risiko penyakit, termasuk kanker.

2. Brokoli

Sayuran hijau lain yang juga dapat menjadi sayur penambah darah adalah brokoli.

Sekitar 156 gram brokoli yang dimasak memiliki kandungan 1 mg zat besi yang dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi harian. Selain itu brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah zat yang dapat membantu penyerapan zat besi.

TAGS:
Penambah Darahsayurananemia

RELATED STORIES

Loading interface...