Ini Cara Bayar Hutang Tidur yang Efektif
ilustrasi
Lifestyle

Ini Cara Bayar Hutang Tidur yang Efektif

Selasa, 26 Nov 2019 | 11:51 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mungkin Anda termasuk satu dari banyak orang yang berpikir bahwa saat begadang dan jam tidur berkurang, Anda dapat membayar hutang tidur dengan cara tidur lebih lama saat akhir pekan. Padahal, kebiasaan ini sama tidak baiknya dengan kekurangan jam tidur. Lalu, bagaimana sih sebenarnya membayar hutang tidur yang benar? Simak penjelasannya berikut.

4 cara membayar hutang tidur yang benar

Waktu tidur yang hilang sebenarnya adalah hutang yang mesti Anda bayar agar tubuh selalu tetap prima. Namun, pastikan Anda berkomitmen dengan cara tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pilih jika ingin membayar hutang tidur.

1. Menambah jam tidur

Anda bisa menambah jam tidur Anda dengan cara tidur lebih awal atau bangun lebih lama dari waktu biasa Anda bangun tidur. Penambahan waktu tidur ini tidak perlu terlalu banyak, misalnya tambahkan waktu tidur selama 15 menit setiap hari untuk membayar hutang ini.

Anda juga bisa menghindari penggunaan alarm untuk membangunkan Anda sehingga Anda akan bangun sendiri secara alami tanpa paksaan. Tetapi, pastikan bahwa penambahan jam tidur ini tidak berlebihan, karena hal ini mungkin saja membuat Anda mengalami insomnia.

Lebih baik, hitung terlebih dahulu jam tidur Anda yang hilang, lalu alokasikan jam tidur yang hilang ke waktu tidur Anda beberapa hari ke depan untuk membayar hutang tidur tersebut. Misalnya, jika Anda berhutang 10 jam, alokasikan waktu satu jam setiap malam setiap hari biasa, dan tambahkan waktu tidur satu hingga dua jam di akhir pekan. Lakukan aturan ini hingga Anda berhasil membayar semua hutang tidur Anda.

Solusi yang berbeda mungkin Anda butuhkan jika hutang tidur Anda sudah menumpuk hingga bertahun-tahun lamanya. Cobalah melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat setiap harinya. Lalu pergilah tidur seperti biasa pada malam hari.

Namun, jangan gunakan alarm dan biarkan saja tubuh Anda tertidur dan bangun pada waktunya. Pada awalnya, mungkin Anda akan tidur selama 12 jam atau lebih dalam satu malam. Namun, lama-kelamaan, jam tidur Anda akan kembali normal dengan sendirinya karena hutang tidur telah terbayar.

TAGS:
tidur siangweekend

RELATED STORIES

Loading interface...