Ini Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menanggulangi Stres
Sumber Foto : Istimewa
Edukasi Umum

Ini Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menanggulangi Stres

Kamis, 24 Jan 2019 | 09:56 | Oky

WInnetnews.com - Stres merupakan penyakit mental dimana emosi seseorang mulai terpicu dari dalam dirinya karena berbagai macam tekanan dalam hidupnya seperti masalah pribadi, dikejar deadline suatu tugas, gagal dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan dan berbagai macam masalah lainnya. Stres juga membuat pikiran menjadi kacau serta tidak teratur dalam berinteraksi dengan orang lain , Karena sangat sulit untuk berkonsentrasi akibat stres tersebut. Selain itu tanpa kita sadari stres yang berlebihan dapat memicu level yang lebih tinggi yaitu depresi.

Depresi merupakan suatu penyakit dimana manusia mulai kehilangan semangat atau motivasi dalam hidupnya. Biasanya ditandai dengan munculnya sifat menutup diri , perasaan tidak berharga dalam dirinya dan lain-lain. Mereka merasa tidak ada orang yang peduli lagi akan dirinya dan memandang kehidupannya tidak ada artinya lagi. Depresi juga membuat seseorang kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas serta hobi yang dia minati. Bila tidak dicegah sama sekali, depresi akan terus berlanjut hingga memicu tindakan negatif yang dapat membahayakan kehidupannya di masa depan yaitu percobaan bunuh diri.

Sudah cukup banyak kasus kematian yang bisa dilihat di internet dan televisi karena percobaan bunuh diri tersebut. Oleh karena itu gak mau kan hal itu terjadi lagi kepada kita? Jangan sampai kejadian ini terulang kembali.

Kalau ada masalah yang serius menimpa kamu dan tidak bisa menyelesaikannya lebih baik cepatlah minta pertolongan kepada kerabat terdekat anda. Jangan diselesaikan sendiri kalau anda tidak sanggup!!

Nah untuk menghindari stres yang berlebihan .Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari itu semua. Yuk simak !!

  1. Jalan-Jalan

    Untuk anda yang sedang dilanda stres berat.Ada baiknya anda jalan-jalan terlebih dahulu agar pikiran lebih tenang dan santai. Jalan-jalan yang dimaksud itu bisa dengan pergi ke Mall untuk berbelanja, kuliner di restoran yang lagi kamu inginkan atau bisa juga berlibur ke luar kota,bertamasya dan lain-lain. Namun ada baiknya anda jangan bepergian sendiri. Pergilah bersama keluarga atau teman-teman anda untuk mendapatkan momen kebersamaan dan keseruan tersebut. Kalau anda hanya berpergian sendiri belum tentu momen itu anda dapatkan karena perjalanan hanya akan terasa hambar bila anda lakukan seorang diri saja.
  2. Mendengarkan musik favoritmu

    Cara untuk menghilangkan stres berikutnya adalah dengan mendengarkan lagu musik kesukaanmu. Hal ini bertujuan agar jiwa kamu bisa lebih tenang. Pilihlah musik yang bisa membuatmu tenang dan nyaman saat mendengarkan.Bahkan sebisa mungkin carilah lagu yang ada unsur komedinya agar kamu bisa lebih menikmatinya sembari tertawa lepas. Atau mungkin cobalah mendengarkan lagu lama misalnya era 80-90an yang dimana melodi musiknya lebih klasik dan enak untuk didengar.
  3. Berdoa

    Cara ini wajib dilakukan. Dengan berdoa semua masalah yang disimpan dalam diri menjadi   lebih teringankan .Percayalah dengan kekuatan doa tidak ada yang tidak mungkin semua hal bisa terkabulkan. Janganlah lupa untuk berdoa setiap hari apapun kondisi yang sedang anda alami
  4. Melakukan hobi / kegemaran yang disukai

    Cara lainnya yaitu melakukan hobi anda sendiri .Dengan melakukan hobi yang anda sukai sedikit demi sedikit akan mengurangi stres di dalam pikiran anda .Lakukanlah hobi tersebut dengan mengajak teman-temanmu pasti rasanya akan jauh lebih asyik. Hobi yang dijalani juga beragam misalnya saja bermain sepak bola, menyanyi dengan karaoke, nonton bioskop dan lain sebagainya.
  5. Berolahraga

    Berolahraga selain membuat tubuh anda sehat dan segar, juga menjaga kebugaran jasmani tubuh kita agar dapat beraktivitas dengan baik. Selain itu dipercaya juga bisa menghilangkan stres secara perlahan karena tubuh kita bergerak terus menerus selama berolahraga . Salah satu olahraga yang paling bagus adalah lari karena dengan berlari segala beban pikiran keluar melalui keringat serta panas tubuh .Berlari yang baik dilakukan di pagi hari dengan adanya sinar matahari. Bila anda tak sempat untuk lari pagi ada alternatif lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan cara gym. Dengan melakukan Gym tubuh anda akan jauh terasa lebih nyaman melalui latihan yang bisa dibilang cukup berat.
  6. Perbanyaklah minum air putih

    Cara yang gak kalah penting yang mesti dilakukan adalah banyak minum air putih. Kenapa? Dengan banyak minum air putih dapat meningkatkan fokus ,menurunkan stres serta menyegarkan pikiran dari masalah yang sedang kamu hadapi. Atau juga bila anda ingin minuman lain selain air putih bisa juga jus buah segar ,es teh manis dan lain-lain.
  7. Berkumpul bersama teman

    Berkumpul bersama teman merupakan kegiatan yang dimana bisa menghilangkan stres serta kepenatan yang ada di dalam hidupmu. Anda bisa berbagi canda tawa bersama, bercerita semua masalahmu kepada teman agar bisa terbantu, dan bersosialisasi. Berkumpul bersama teman tidak harus dengan jalan-jalan yang menghabiskan banyak uang akan tetapi banyak cara berkumpul bersama teman yang kamu bisa lakukan sesuai dengan perencanaan kepada teman-teman anda.
  8. Menyanyi

    Menyanyi juga bisa melepaskan segala perasaan stres di dalam benak pikiran anda. Dengan mengeluarkan alunan suara melodi dari mulutmu yang sesuai mengikuti nada lagu itu akan menghasilkan suara yang bagus. Menyanyi juga bisa memicu emosi serta mengeluarkan amarah yang terpendam dalam diri anda sendiri. Jadi apabila anda dilanda bosan cobalah sesuatu yang satu ini mungkin bisa lebih menghibur anda.

Semoga semua tips tadi dapat bermanfaat untuk anda,selamat mencoba, dan semoga sukses dengan tips yang diberikan tadi

 

Ditulis oleh Vincentius Tristan Gibran Radistira

Mahasiswa Bina Nusantara

TAGS:
jalan jalanolahraga

RELATED STORIES

Loading interface...