Ini Dampaknya Bila Miliki Hb Rendah
ilustrasi
Kesehatan

Ini Dampaknya Bila Miliki Hb Rendah

Sabtu, 9 Mei 2020 | 06:15 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Salah satu bahaya Hb rendah yang paling umum adalah tubuh yang lemas dan lelah berlebihan. Hb atau hemoglobin adalah zat yang mengikat oksigen sehingga memungkinan darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Mengingat perannya yang penting, tentu saja kurangnya kadar Hb dalam tubuh menjadi kondisi yang tidak dapat dianggap sepele.

Apa Itu Hb Rendah?

Hemoglobin (Hb) adalah zat dalam sel darah merah yang mengikat oksigen sehingga memungkinkan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Zat ini juga merupakan zat yang memberikan warna pada sel-sel darah merah.

Kadar Hb pada setiap orang dapat berbeda-beda. Kadar Hb rendah yang tidak terlalu jauh dari kadar normal biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, jika kadarnya terlalu rendah, maka dapat mengindikasikan anemia yang ditandai dengan beberapa gejala tertentu.

Jumlah Hb normal yang umum pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

  • Pria: 14,0-17,5 gram per desiliter (gr/dL)
  • Wanita: 12,3-15,3 gram per desiliter (gr/dL)

Hb rendah adalah apabila individu memiliki kadar Hb di bawah kadar yang disebutkan di atas. Ukuran di atas adalah untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak jumlahnya bervariasi bergantung pada usia dan jenis kelamin.

TAGS:
Hb rendahanemia

RELATED STORIES

Loading interface...