Ini Dampaknya Bila Terlalu Cepat Ambil Keputusan
ilustrasi
Lifestyle

Ini Dampaknya Bila Terlalu Cepat Ambil Keputusan

Senin, 6 Apr 2020 | 07:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Situasi yang mendesak kerap mendorong seseorang untuk mengambil keputusan sesuatu secara dengan buru-buru. Tak hanya untuk kejadian yang penting, seseorang kerap melakukannya ketika memikirkan hal-hal sepele seperti menu makan siang.

Walau terkadang membawa hasil yang baik, terlalu buru-buru dalam mengambil keputusan juga bisa berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengapa orang kerap mengambil keputusan dengan buru-buru?

image0

Menurut beberapa penelitian, rata-rata setiap orang membuat 2000 keputusan di setiap jamnya. Tanpa Anda sadari, hal ini juga dilakukan ketika Anda menjalani kegiatan sehari-hari.

Bahkan, Anda juga sudah mengambil lebih dari satu keputusan ketika Anda lebih memilih untuk tidur sejenak daripada lanjut bekerja.

Memang, keputusan yang diambil tersebut seringnya tidak berdampak buruk. Meski demikian, bukan berarti semua keputusan itu mendatangkan sesuatu yang baik.

Ada beberapa faktor yang dapat berpengaruh dalam baik atau buruknya keputusan yang dipilih. Salah satunya, agar bisa membuat keputusan dengan lebih cepat, otak kita mengandalkan sejumlah pintasan kognitif yang disebut dengan heuristik.

Heuristik merupakan sebuah strategi untuk membuat keputusan yang cepat berdasarkan informasi yang telah dicerna oleh otak. Strategi ini akan mempersingkat waktu pengambilan keputusan tanpa terus menerus berpikir tentang tindakan selanjutnya.

Ada kalanya strategi tersebut sangat membantu seseorang dalam menilai mana yang kira-kira akan memberikan dampak yang baik.

Sayangnya, strategi heuristik juga dapat menyebabkan pikiran menjadi abai pada hal-hal yang rinci sehingga kerap berujung pada sebuah keputusan yang salah.

TAGS:
gaya hidupterlalu cepat ambil putusan

RELATED STORIES

Loading interface...