Ini Dia, Menteri yang Rajin Kirim Kata-kata Motivasi untuk Wartawan
Dokumen pribadi
Commentary

Ini Dia, Menteri yang Rajin Kirim Kata-kata Motivasi untuk Wartawan

Rabu, 26 Feb 2020 | 09:30 | Agus Supriyatna

Winnetnews.com - Enaknya jadi wartawan itu, bisa kenal dengan pejabat, dengan menteri, bahkan dengan presiden jika memang kerap meliput di Istana Negara. Enak lainnya, bisa jalan-jalan sambil liputan. Gratis pula. Kok bisa?

Ya, sangat bisa. Misalnya, jika diundang satu lembaga atau perusahaan ke kota atau daerah tertentu, tentu ini kesempatan bisa jalan-jalan kan? Bisa kulineran, mencicipi makanan khas di daerah yang dikunjungi. Bahkan bisa melancong ke luar negeri, jika ada yang mengundang meliput acara di negara lain. Enak kan?

Walau begitu, bukan berarti tugasnya enak-enak saja. Di sela itu, tugas wajib membuat berita harus diutamakan. Jika tidak, bisa disemprot oleh bos di kantor. Meliput dan membuat acara, itu kewajiban yang harus ditunaikan. Diutamakan. Jalan-jalan dan kulineran, itu bonusnya.

Nah, sebagai wartawan, saya kenal dengan beberapa menteri yang kerap saya jadikan sebagai narasumber berita. Ada yang hanya kenal biasa, dalam arti tidak terlalu akrab. Tapi, ada juga yang lumayan, kenal dekat karena seringnya berkomunikasi dan meliput kegiatan dia. Salah satu menteri yang lumayan kenal dekat dengan saya adalah Pak Tjahjo Kumolo.

Saya mulai kenal dekat, ketika dia jadi Menteri Dalam Negeri. Sekarang Pak Tjahjo di periode kedua pemerintahan Pak Jokowi, masih dipercaya jadi menteri di kabinet. Namun tak lagi jadi Menteri Dalam Negeri. Posisi Mendagri sekarang dipegang oleh Pak Tito Karnavian, mantan Kapolri. Pak Tjahjo, sekarang jadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang kantornya ada di sekitaran Senayan. Tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Salah satu yang saya catat dari Pak Tjahjo, ia supel. Tidak berjarak dengan wartawan yang biasa meliput di kementeriannya. Waktu masih jadi Mendagri, sering sekali dia tiba-tiba datang malam-malam ke ruangan yang biasa jadi base camp atau tempat wartawan ngumpul. Lalu, ngajak ngobrol ngalor ngidul. Tak jarang pula, ia suka mentraktir wartawan. Bahkan, kalau sedang berkunjung ke daerah, makan bareng wartawan, seakan jadi agenda rutinnya.

Duduk satu meja makan dengan Pak Tjahjo, bagi saya sudah biasa. Satu lagi, ia juga gampang dikontak. Bahkan,  kalau dibutuhkan untuk bahan berita, ia tak pernah marah jika dihubungi malam-malam. Ia selalu welcome.

Satu lagi yang saya catat dari sosoknya, Pak Tjahjo rajin sekali mengirimkan kata-kata motivasi. Sering kali, kata-kata motivasi itu dikirimkannya jelang tidur. Atau saat pagi hari, saat akan memulai rutinitas. Saya pikir tujuannya baik, biar kita mengawali aktivitas dengan semangat. Kebetulan dia ikut jadi anggota di grup WhatsApp para wartawan yang biasa meliput di Kementerian Dalam Negeri. Bahkan, ia walau sudah jadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, tak ingin keluar dari grup.

Dia, juga masih rajin mengirimkan kata-kata motivasi, selain mengirimkan tanggapan atau bahan siaran pers untuk keperluan berita para wartawan. Seperti apa kata-kata motivasi yang dikirimkan Pak Tjahjo?

Berikut beberapa contoh kata-kata motivasi yang pernah dikirim Pak Tjahjo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara saat ini. 

"Manusia hidup hanya akan menemui dua hal, yaitu Kebahagiaan dan Kesedihan. Meski demikian,  bersyukurlah ketika saat bahagia dan bersabarlah ketika merasakan kesedihan. Selamat pagi,  tetap sehat semangat optimis. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi kita semuanya." 

Kata-kata motivasi itu dikirim Pak Tjahjo sekitar pukul 06.00 pagi, 15 Februari 2020. Sebelumnya, masih di tanggal yang sama, usai subuh, dia juga mengirimkan kata-kata motivasi yang dikirimkan via grup WhatsApp wartawan. 

"Selamat pagi. Tetap sehat semangat optimis. Selembar daun kecil memang tidak mampu untuk menutupi bumi . Namun bila menempel di mata maka akan tertutuplah bumi. Demikian juga jika sebuah pikiran negatif menempel di hati maka semua kebaikan tak akan nampak. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu menjaga lahir batin kita semua."

Pada tanggal 17 Februari, sekitar pukul 06.00 pagi, dia juga mengirimkan kata-kata motivasi. Begini teksnya.

"Selamat pagi tetap sehat, semangat dan optimis. Jangan ikut ikutan membenci seseorang hanya karena kamu mendengar ada orang lain yang berkata buruk tentang dia.  Semoga kita semua dijauhkan dari bala' dan fitnah dan selalu ingat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa." 

Pada tanggal 20 Februari, sekitar pukul 06.00 pagi, Pak Tjahjo juga mengirimkan kata-kata motivasi yang begitu menyentuh perasaan. Membuat kita akan merenung.

"Selamat pagi, tetap sehat, semangat optimis. Hidup adalah belajar. Kita akan selalu belajar. Proses tersebut akan  menuju pada satu tujuan, yaitu membuat diri kita menjadi lebih baik. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa." 

Dan, masih banyak kata-kata motivasi yang dikirimkan Pak Tjahjo, salah satu menteri Pak Jokowi. Selalu dikirimkan di awal pagi. Semoga, Pak Tjahjo sehat selalu. Bisa terus mengabdi pada negara.

TAGS:
Tjahjo Kumolotito karnavianMenpan RBKata motivasiwartawan

RELATED STORIES

Loading interface...